Tacoma Trail Edition Mobil Off-Road Versi Pabrikan

Tacoma Trail Edition Mobil Off-Road Versi Pabrikan
Saat ini, kendaraan multiguna sangat dibutuhkan. Salah satunya seperti mid-size truck Toyota Tacoma, yang cukup laris di Amerika Serikat. Penggunanya tak perlu mengubahnya untuk di medan off-road.
 

Toyota Tacoma menduduki pasar terbesar dan pemimpin pasar truk pickup ukuran menengah, di Amerika Serikat, selama 16 tahun lebih. Versi ini, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020, yaitu Tacoma Trail Edition yang mengedepankan pada fitur penyimpanan, gaya, nilai, dan fokus pada kinerja off-road, berbasis Toyota Tacoma 4×4 Double Cab.

Di Negara Paman Sam, Pemilik Tacoma berkendara untuk menjelajah dan Trail Edition 2022 ini menambahkan beberapa hal yang menjadikannya teman perjalanan yang ideal.

Berdasarkan Tacoma 4x4 D-Cab grade SR5 yang terlaris, Trail Edition mengaplikasikan suspension lift kit, di bagian depan dan belakang untuk membantu mengatasi jalan berkontur ekstrem yang jarang dilalui.

Insinyur di Toyota meninggikan bagian depan Tacoma Trail baru ini setinggi 1,1 inci dengan per keong yang lebih tinggi. Air dam di depan yang merupakan perangkat standar di SR5, dilenyapkan, agar ground clearance lebih tinggi. Hal itu membuat approach angle meningkat menjadi 34 derajat.

Suspensi belakang juga ditinggikan sekitar 0,5 inci, dengan memberikan spacer di dudukan per daun. Juga meningkatkan departure angle hingga 23,6 derajat. Ramp breakover angle juga ditingkatkan menjadi 26,4 derajat. Sehingga bisa melalui berbagai rintangan yang tinggi di medan off-road, terutama ketika melintasi bebatuan.

Berbasis dari SR5 4x4, Toyota Tacoma Trail Edition, dalam kondisi standar sudah dilengkapi dengan differential lock pada diferensial belakang, sehingga traksinya lebih baik. Beberapa bagian yang cukup penting namun tak terlihat, seperti undercarriage skid plate, dicomot dari versi TRD Off-Road untuk memberikan perlindungan tambahan.

Tacoma Trail Edition dipasarkan dalam empat varian warna, Lunar Rock, menjadi warna baru yang diunggulkan, tetapi ada juga ‘warna lama’ seperti Army Green, Midnight Black Metallic, dan Super White. Terlepas dari pilihan cat, terdapat lencana hitam pada eksterior sebagai aksen pada truk, lencana Trail Edition dipasang di penutup bak belakang dan bumper belakang sekarang sewarna bodi.

Toyota Tacoma Trail Edition hadir standar dengan mesin V6, 3.500 cc yang menghasilkan 278 tenaga kuda dan torsi 360 Nm. Mesin ini dilengkapi teknologi VVT-iW Toyota dengan siklus Atkinson untuk membantu memaksimalkan efisiensi. Dapur pacunya juga menggunakan sistem injeksi bahan bakar D-4S Toyota yang menggabungkan injeksi langsung dan injektor port.

Sebagai kendaraan yang bakal sering dibawa bertualang, kenyamanan saat waktu yang dihabiskan di dalam kendaraan tidak dapat diabaikan. Sejumlah fitur standar tersedia, berupa kursi pengemudi yang dapat disetel secara elektris ke 10 arah, juga dilengkapi penyetel  lumbar support 2 arah, dual zone climate control dan pelapis lantai standar yang tahan segala cuaca, membantu menyerap kotoran dari kaki penumpang. Khusus Trail Edition, joknya berbalut kain hitam dengan jahitan cokelat yang unik.

Pengguna juga disajikan layar sentuh multimedia standar 8 inci serta berbagai fitur lainnya. Seperti sistem suara enam speaker, ponsel Bluetooth® hands-free, port media USB, dua port pengisian USB, dan tampilan kamera cadangan terintegrasi. Selain itu, semua sistem multimedia Tacoma mencakup Android Auto™, Apple CarPlay®, kompatibilitas Amazon Alexa, dan kemampuan SiriusXM dengan Uji Coba Semua Akses selama tiga bulan.

Suspensi disesuaikan untuk medan off-road

 

Walaupun dirancang untuk digunakan pada medan off-road, tetapi perangkat keselamatannya tak kalah dengan sedan terkini dari Toyota. Para insinyur di TRD melengkapinya dengan Toyota Safety Sense P (TSS-P) sebagai standar. TSS-P dengan Pre-Collision System with Pedestrian Detection, High-Speed Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, and Automatic High Beams.

Logo Trail menjadi pembeda dari varian lainnya

 

Setiap Tacoma memilliki perangkat standar, seperti Star Safety System, yang meliputi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan  Smart Stop brake override (SST). Pengemudi dan penumpang depan akan terlindungi dengan Advanced Airbag System, knee airbags serta Roll-sensing Side Curtain Airbags. Active head restraints di bangku depan, akan membuat sandaran kepala akan naik dan bergerak maju, untuk mencegah kepala terbentur keras ke belakang. Tire Pressure Monitor System pun menjadi perankat opsional standar.