Thundertruck, Tidak Butuh Isi Daya Ulang

Thundertruck, Tidak Butuh Isi Daya Ulang
Pasokan energi dari alam
 

Energi alternatif untuk kendaraan tarnsportasi massal maupun angkut barang nyata tidak bisa ditahan lagi penggunaannya. Dan ketika masih banyak pabrikan maupun desainer otomotif yang masih tahap berangan-angan, Wolfgang LA, sebuah studio desain otomotif asal kota Los Angeles, Amerika Serikat sudah menurunkan konsep mobil bertenaga surya untuk melintasi berbagai medan jalan.

Boleh dibilang ini merupakan salah satu saingan terdekat Cybertruck besutan Tesla. Namun, tidak seperti Tesla, truk murni derdaya listrik ini benar-benar memanfaatkan pancaran sinar mentari sebagai sumber energinya.

Ada seperti payung besar yang jika dikembangkan akan menutupi hampir seluruh bodi mobil yang bertugas menangkap sinar matahari. Serapan energi dari matahari itu akan disimpan di baterai berspesifikasi 180kWk.

Kalau mau isi daya tinggal buka 'sayap batman' buat serap sinar matahari

Dari situ akan diproduksi tenaga gerak sampai sebesar 800 daya kudan torsi puncak 800 ft-lbs. Cukup untuk menghela kendaraan seberat 2,7 ton ini dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam hitungan 3,5 detik. Daya jangkau Thundertruck bisa sejauh 400 mil atau setara 643 kilometer dengan sekali isi daya.

Thundertruck dirancang untuk menjadi kendaraan segala medan yang lengkap. Seperti Cybertruck, bodinya geometris, menghindari kurva untuk garis sudut. Dan karena kendaraan ini dibuat untuk overlanding, dilengkapi dengan landai pemuatan yang dapat diperpanjang pada bagian belakang untuk bisa angkut misalnya sepeda roda dua hingga empat.

Karena mobil 4x4 ini dikonsepsikan sebagai mobil masa depan untuk hari ini maka interior juga didesain nyaris di luar pakem. Interior bernuansa monokrom dengan tampilan instrumentasi holografik yang bisa pantau beragam keperluan. Mulai kecepatan, suhu luar kabin, dan cadangan energi yang tersedia.

Kalau masih mau versi yang lebih sangar, bisa dibuatkan juga. Ada opsi memakai versi 6x6 yang punya daya jelajah sampai 906 kilometer. Baterainya bersepsifikasi 210 kWK, berpotensi hasilkan daya puncak sampai 940 daya kuda.

Ada versi 6x6 yang tenanganya sampai 940 daya kuda