Autocar, Produsen Truk Amerika Pertama

Autocar, Produsen Truk Amerika Pertama
Spesifikasi bisa disesuaikan keinginan pembeli
 

Ternyata ada satu nama kampiun truk asal Amerika Serikat yang mereknya ‘sangat generik’, Autocar. Ya, pabrikan yang bermarkas di wilayah Birmingham, Alabama ini sebenarnya juga pemain lama di dunia truk. Muncul perdana di tahun 1897 di kota Pittsburgh, Pennsylvania. Ini merupakan ikon otomotif di wilayah barat Negeri Paman Sam.

Pada tahun 1953, Autocar  berada di bawah kepemilikan White Motor Company. Tahun 1981 pihak Volvo mengambil alih. Lalu tahun 2001, Autocar kembali diakuisisi oleh GVW Group, LLC, sebuah perusahaan investasi asal Amerika Serikat yang terus melanjutkan merek ini sebagai salah satu produk utama di kawasan Amerika bagian Utara.

Perang Dunia Kedua memang ikut memberikan andil atas perkembangan Autocar. Pabrikan ini sempat mengirimkan puluhan ribu kenfdaraan militer berbagai jenis. Salah satunya adalah truk yang sistem gerak roda belakangnya diganti seperti tank, paling tidak ada tiga seri truk jenis ini (M2, M3, dan M5).

Spesifikasi seperti Autocar M2, roda belakang seperti tank, masih bisa dipesan dengan menggunakan produk terbaru

 Autocar sebenarnya diristis oleh tiga bersaudara Clarke (John, James, dan Louis). Louis S, Clarke sendiri merupakan insinyur mesin yang menemukan sejumlah inovasi di bidang otomotif dan masih terpakai hingga kini.

Sebut saja busi berinsulasi porselen untuk mesin bensin, sistem poros penggerak yang disempurnakan untuk mobil, dan desain pertama dari sistem sirkulasi oli di mesin. Ternyata, dari pabrikan ini pula ide menempatkan pengemudi di sisi kiri atau setir kiri yang akhirnya menjadi standar di banyak wilayah di dunia.

Karena memang dikenal ‘gemar’ berinovasi secara kretaif maka pasca Perang Dunia tak menyurutkan Autocar untuk melansir produk yang bisa disebut unik. Sebut saja pemakaian mesin bensin untuk beberapa model truk sampai akhir tahun 1965.

Meski secara desain terlihat sederhana, namun kabin truk buatan Autocar banyak disaluti sebagai kabin truk yang mengutamakan kenyaman dan kemudahan operasional. Ditambah lagi pihak Autocar nyaris tidak membatasi permintaan khusu dari pemesannya. Bahkan filosofi “Custom Engineering” masih dipertahankan smapai hari ini.

Tak heran pesanan datang membanjiri Autocar. Seperti salah satu model legendarisnya yaitu seri AP yang diciptakan untuk bisa memenuhi kebutuhan operasional di area pertambangan, konstruksi, sampai di lading minyak.

Sejumlah produk yang masih bisa dibeli sampai kini antara lain Autocar ACX Low Cab-Over , posisi serta desain kepala truknya rendah dibandingkan truk konvensional lainnya. Tujuannya untuk lebih memudahkan sopir mengontrol manuver truk di kondisi yang sulit dimasuki truk desain konvensional. Ada lagi, Autocar ACTT yang juga laris dipakai pada banyak pelabuhan untuk mengangkut peti kemas.