FUSO Luncurkan Super Great Baru Berteknologi Tinggi

FUSO Luncurkan Super Great Baru Berteknologi Tinggi
Berbagai perangkat yang membantu pengemudi saat berkendara, layaknya fitur pada kendaraan penumpang modern.
 

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC),  mengumumkan peluncuran model baru truk Heavy Duty, Super Great , yang dilengkapi dengan bantuan pengemudi (Driving Assist) pertama di Jepang. Model baru ini akan tersedia melalui perusahaan penjualan MFTBC dan unit penjualan regional di seluruh Jepang mulai Juni.

Super Great baru ini, memiliki fitur Emergency Stop Assist (ESA) yang pertama di kelasnya, yang dapat mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan di jalurnya jika terjadi keadaan darurat. Dengan memasang ESA pada Super Great baru, MFTBC telah mampu memajukan teknologi dukungan mengemudi otomatis SAE level 2 truk ke level terdepan di pasarnya.

Dengan ESA, sistem pendukung mengemudi otomatis Active Drive Assist (ADA) kini ditingkatkan ke ADA 2. Selain fitur lane keep assist dan adaptif cruise control, pengemudi kini didukung dengan teknologi baru yang mendeteksi anomali dalam aktivitas roda kemudi. Ketika roda kemudi tetap tidak aktif selama 60 detik saat ADA 2 aktif, sistem mengeluarkan peringatan di monitor dasbor serta alarm audio, sambil mengurangi kecepatan dan membawa kendaraan ke pemberhentian darurat di jalur yang sama.

Perlambatan kecepatan ini, diharapkan sangat membantu ketika pengemudi mengalami perubahan mendadak dalam kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, ADA 2 tidak hanya menawarkan perjalanan yang tidak terlalu melelahkan, karena memberikan pengendaraan yang stabil, juga meningkatkan keselamatan bagi pengemudi dan kendaraan di sekitarnya.

Diharapkan teknologi terkini juga akan merambah ke armada FUSO di Indonesia.