Hino Hentikan Sementara Produksi Truk Hingga September 2021

Hino Hentikan Sementara Produksi Truk Hingga September 2021
Bukan karena wabah corona, namun menunggu kesiapan Hino dalam sertifikasi uji emisi di Amerika.
 

Produsen truk dan bus asal Jepang, Hino membuka tahun 2021 dengan catatan kurang menyenangkan di Amerika Utara. Pasalnya mereka harus menutup pabrik di sana untuk sementara.

Dikutip dari laman resminya, penutupan pabrik tersebut dimulai sejak 23 Desember lalu. Bukan karena wabah corona, namun menunggu kesiapan Hino dalam sertifikasi uji emisi di Amerika.

Sertifikasi emisi ini berlaku untuk tiga tipe mesin yang diandalkan oleh produk-produk Hino yang dijual di Amerika Serikat dan Kanada. Di antaranya A09C, J08E dan J05E.

Sebelumnya, serangkaian peraturan baru emisi yang lebih ketat yang diberlakukan oleh Badan Perlindungan Lingkungan akan menjadi undang-undang mulai tahun 2021.

Peraturan baru tersebut selanjutnya akan mengurangi emisi karbon dioksida dan gas buang diesel rumah kaca lainnya dan membutuhkan OEM truk tugas menengah dan berat untuk meningkatkan penghematan bahan bakar kinerja kendaraan baru tahun model 2021.

Hino  memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan untuk memastikan engine A09C, J08E, dan J05E sepenuhnya mematuhi peraturan baru.

Penghentian produksi akan memengaruhi fasilitas manufaktur A.S. perusahaan di Mineral Wells, West Virginia, serta operasi Kanada di Woodstock, Kanada, dan akan berlangsung hingga September 2021.

Oleh karena itu, perusahaan mengumumkan, penjualan truk baru di Amerika Utara juga akan ditangguhkan sampai penghentian produksi dicabut. Hino mengatakan akan melanjutkan penjualan truk komersial di Amerika Utara pada Oktober 2021, setelah produksi dilanjutkan dan kendaraan mulai dikirim ke dealer.

Hino mengatakan sedang menyelidiki dampak penghentian produksi dan penjualan terhadap pemegang saham dan berjanji akan mengumumkan tiap perkembangannya.