Ini Truk Listrik Dengan Jarak Tempuh Terjauh?

Ini Truk Listrik Dengan Jarak Tempuh Terjauh?
Isi ulang dayanya hanya setengah jam
 

Era elektrifikasi semakain masif saja, tidak hanya untuk kebutuhan kendaraan pribadi tetapi juga sudah semakin menyentuh kendaraan komersial. Truk salah satu yang sering diproyeksikan sebagai salah satu moda transportasi angkut barang yang tanpa emisi.

Seperti Daimler yang baru-baru ini melansir konsep truk Mercedes-Benz seri Actros yang tenaganya listrik. Nama resminya eActros, merupakan seri truk angkut berat yang tenar, punya klaim jarak tempuh sampai 500 kilometer dengan hanya sekali isi daya listrik.

Ada tiga paket baterai yang potensi dayanya mencapai 600 kWh dengan dua motor listrik. Dibantu penyalur daya desain terbaru untuk bisa keluarkan tegangan konstan sebesar 400 kW dan output puncaknya lebih dari 600 kW. Dari potensi daya seperti itu dijanjikan kalau eActros ini dengan kondisi operasional standar mampu menempuh jarak sampai 1,2 juta kilometer dalam rentang waktu sepuluh tahun.

Baterai yang digunakan dalam eActros LongHaul ini menggunakan teknologi sel lithium-iron fosfat (LFP). Diyakini bahwa spesifikasi baterai ini dengan masa pakai yang lama dan energi yang efisiensi terbaik.

Isi daya dari posisi 20 persen ke 80 persen hanya 30 menit

Pengisian dayanya juga terbilang singkat, dari 20 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit. Dengan catatan stasiun pengisian dayanya punya output sekitar satu megawatt.

Filosofi dari konsep truk ini adalah truk ramah lingkungan untuk kebutuhan transportasi jarak jauh dengan solusi holistik yang terdiri dari teknologi kendaraan, konsultasi, infrastruktur pengisian daya, dan layanan purna jual yang unggul.