Inilah Truk Bobot 5-10 Ton Terlaris Kuartal I 2023

Inilah Truk Bobot 5-10 Ton Terlaris Kuartal I 2023
Kepala Kuning dan Kepala Putih bersaing ketat
 

Kendaraan niaga dengan bobot 5-10  ton jika diperhatikan juga termasuk ketat. Kalau tidak bisa disebut panas, karena tiap merek punya pilihan model maupun varian yang banyak. Konsumen akhirnya memang dimudahkan untuk memilih produk beradasarkan kebutuhan yang spesifik.

Ketatnya pasar kendaraan niaga secara umum ini bisa dilihat dari merek yang bertarung; ada Hino, ada FAW, Toyota, Mitsubishi Fuso, Isuzu, UD Trucks, Wuling, DFSK, sampai Mercedes-Benz. “Secara prinsip sederhananya penyedia kendaraan niaga menghadirkan kendaraan yang bisa membawa barang banyak yang berat dan juga bawa barang banyak yang ‘ringan’,” ungkap President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia  yang dihubungi beberapa waktu lalu.

Pria yang juga menjabat Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) itu kemudian menjelaskan bahwa dua hal membuat setiap APM bisa menghadirkan model maupun varian yang ‘detail’. Seiring dengan perkembangan bidang logistik yang juga semakin kompleks.

Berikut besaran secara wholesales sejumlah truk yang paling banyak diminati konsumen berdasarkan tonase yang diambil dari data Gaikindo kuartal pertama tahun 2023.

Untuk yang berbobot 5-10 ton secara total bisa terjual 22.991 unit. Mitsubishi Fuso seri FE 75 Super HDX N jadi yang terlaku dengan angka 5.018 unit. Si Kepala Kuning itu diikuti oleh Isuzu seri NMR 71T HD yang mencatatkan angka 3.292 unit. Dan nama ketiga yang terlaris adalah FE 74 HD N masih dari Mitsubishi Fuso, angkanya 3.118 unit.

Para petarung di segmen 5-10 ton juga nama-nama raksasa seperti UD Trucks, Toyota, Mitsubishi Fuso, Hino, FAW, dan Isuzu.

Baca juga : Jagoan Pikap Kuartal I 2023: Suzuki Carry

Baca juga : Katagorisasi Kendaran Niaga Di AS

Isuzu ELF seri NMR pesaing terdekat Kepala Kuning di segmen 5-10 ton