Iran Sudah Lama Bisa Swasembada Truk

Iran Sudah Lama Bisa Swasembada Truk
Tahun '60-an sudah dimulai semuanya
 

Sebagai negara yang cikal bakalnya, menurut sejarah, sudah muncul ratusan bahkan ribuan tahun sebelum periode masehi tentu punya beragam kemampuan peradaban yang mumpuni. Termasuk dalam hal manufaktur.

Ya, industri manufaktur di Iran berkembang pesat sejak tahun 1954, dan saat ini Iran sebenarnya dokenal sebagai negara yang punya keunggulan dalam industri manufaktur yang berkaitan dengan komiditas otomotif, elektronika, perabot rumah tangga, telekomunikasi, permesinan, kertas, sampai baja.

Nah, bicara soal sektor otomotif, Iran juga termasuk produsen aktif untuk kawasan Timur Tengah. Ada beberapa nama besar dunia yang masih berlaku lisensi produks dan produksinya di Iran. Baik untuk kebutuhan pasar dalam negeri Iran, maupun untuk pasar regional. Sebut saja Peugeot, Mercedes-Benz, Volvo, maupun Iveco.

Salah satu yang termasuk senior adalah Bahman Group, yang awalnya bernaung di bawah Iran Gulf Company pada tahun 1953, di tahun 1960 dijalin kolaborasi dengan raksasa Jepang yaitu Mazda yang kemudian bisa menghasilkan pikap Mazda bermesin 1.000 dan 1.600 cc bahkan kemudian punya unit usaha bernama “Mazda Car Manufacturing Plant”.

Sejak tahun 2016, Bahman Group menggamit sejumlah naa besar lain selain Mazda yaitu Isuzu, FAW, ZX, maupun Great Wall. Semua Kerjasama itu berupa produk ala CKD sampai melansir kendaraan dengan merek sendiri.

Ada lagi VIG alias Vafa Doust Industrial Group yang bermarkas di Teheran. Punya kapasitas yang terbilang besar untuk menghasilkan pikap maupun SUV. Bahkan sudah memperoleh kemapuan untuk melansir dengan merek sendiri yairu Fath. Bahkan mendapat lisensi untuk memproduksi Toyota Land Cruiser dengan nama Fath Sahand Cruiser.

Saipa Diesel Company yang awalnya bernama Iran Kaveh juga merupakan kampiun kendaraan niaga negara di Teluk Persia itu. Berawal dari tahun 1963 saat mendapatkan lisensi eksklusif dari kampun truk, Mack, untuk melakukan kegiatan assembling dan produksi sejumlah komponen.  

Seiring waktu berjalan, usai berakhirnya perang Irak-Iran, di tahun 1984 diperoleh lisensi dari Volvo untuk produksi model truk dengan spesifikasi 4x2, 6x2, dan 6x4.

Zamyad Co. merupakan spesialis mobil komersial yang punya garis hubungan dengan kelompok usaha Saipa. Semuanya berawal di tahun 1963 saat pertama kali mendapatkan lisensi untuk membuat truk Vovo model N. Dan saat ini sudah juga mendaparkan juga kesempatan untuk hasilkan sendiri truk dengan merek lokal yaitu Zamyad.