Iveco S Way Jadi Truk Resmi Tur Metallica

Iveco S Way Jadi Truk Resmi Tur Metallica
Era kegiatan logistik yang ‘hijau’ semakin jadi perhatian
 

Kampanye menekan jejak karbon kini tidak hanya berkaitan dengan kegiatan operasional transportasi yang menggunakan kendaraan bermotor dalam menjalani rute harian. Makin banyak saja kegiatan yang melibatkan kendaraan bermotor yang juga sudah menjalan protokol operasional kendaraan bermotor yang rendah emisi.

Salah satunya pada penyelenggaraan konser musik. Saat konser band Coldplay di Jakarta pekan ini (16/11) pihak penyelenggaran juga melakukan kegiatan pengiriman berbagai peranti panggung dengan memperhatikan soal efisiensi operasional demi menekan tingkat emisi. Sebagaimana dikutip dari lama Kompas.com, President Waresix yaitu Eric Dharma menyebutkan meotodolgi “Green Shipments”.

Ini merupakan satu sistem pengiriman barang yang fokus pada efisiensi, biaya yang ekonomis, dan rangkaian kerja yang berkelanjutan. Secara umum ini akan membantu penentuan prioritas barang yang akan diangkut menuju dan dari lokasi konser. Kemudian ada penentuan barang berdasarkan bobot dan juga dimensi dengan jenis kendaraan yang sesuai. Hingga menentukan alokasi rute yang akan ditempuh dari armada angkut barang tesrebut.

Pola ini sudah banyak dilakukan sebelumnya dalam beragam kegiatan akbar di dunia motorsport seperti F1, MotoGP maupun WRC.

Baca juga: Mitsubishi Fuso “Super Great” 2023, Identitas Fuso Black Belt

Berkaitan dengan konser makin banyak saja musisi yang memilih semua proses logistik mereka saat tur secara ‘hijau’. Dan Metallica menjadi salah satu band yang juga memilih aktivitas perhelatan yang ramah lingkungan ini lewat kolaborasi dengan pihak Iveco.

Pabrikan truk asal Italia ini secara resmi akan menjadi moda transportasi utama band asal San Fransisco itu saat tur mereka di Eropa pada bulan Mei-Juli tahun 2024. Dimana rangkaian tur yang bertajuk “M72 World Tour” itu semua peralatan panggung, tata lampu dan suara, dan juga agkutan bagi kru serta anggota band akan memakai kendaraan tenaga listrik dan juga hidrogen buatan Iveco.

Bahkan Metallica sudah menyediakan lagu tematik atas armada ramah lingkungan pada tur di Eropa kali ini yaitu “It’s Electric” yang pernah dirilis tahun 1998.

Semua livery di Iveco S Way merupakan desain resmi dari pihak Metallica

Panel indikator Iveco S Way, seperti bukan di kabin truk

Rangkaian tur band metal itu berawal di kota Munich, Jerman, pada tanggal 24 Mei 2024. Kemudian berlanjut ke sejumlah kota seperti Milan, Helsinki, Kopenhagen, Warsawa, hingga berakhir di kota Madrid, Spanyol pada tanggal 14 Juli. Tur ini sendiri belangsung selama dua tahun yang dimulai pada bulan April tahun ini hingga berakhir pada bulan September tahun depan.

Pihak Iveco sendiri sudah menahbiskan pihaknya untuk semakin fokus dengan bermacam kegiatan riset maupun pengembangan produk yang semakin ramah lingkungan. Seperti yang sudah dicanangkan di sebuah inagurassi di Bacelona, Spanyol, pekan ini (16/11) dan tagline yang terpilih adalah “Be the Change”.

Iveco sendiri sudah menggulirkan invetasi senilai 1 miliar Euro, sekitar Rp 16 triliun, untuk pengembangan kendaraan komersial ramah lingkungan. CEO Iveco, Gerrit Marx, menjelaskan,”Bagi kami dan Metallica berada dalam satu visi yang sama soal perubahan dalam masing-masing kegiatan di antara kami selama ini.”

Lars Ulrich, dummer Metallica juga ikut menguatkan pernyataan Gerrit Marx itu,”Ketika bertemu pertama kami beberapa bulan lalu, kami juga menguraikan visi kami dalam tur kali ini dimana salah satunya soal moda transportasi masa depan dan emisi CO2. Dan ternyata begitu banyak kesamaan di antara kedua pihak soal isu CO2 untuk kegiatan trasnportasi yang bersifat heavy duty.”

Baca juga: Truk Scania Listrik Pertama Mendarat di Singapura

Baca juga: Volvo ‘Supertruck 2’, Desain Truk Paling 'Benar'

Iveco S Way, berbahan bakar gas, jadi truk resmi Metallica selama tur Eropa tahun depan