Kolaboorasi Truk Listrik Italia-Korea

Kolaboorasi Truk Listrik Italia-Korea
Era listrik kini bersanding dengan hidrogen
 

Gairah elektrifikasi makin sulit dibendung, kali ini Hyundai dan Iveco Group melansir hasil kolaborasi mereka pasca kesepakatan pada Maret 2022. Dimulai pada bulan Juli lalu kedua perusahaan bersama-sama mengumumkan bus Iveco bertenaga hidrogen yang teknologi sistem sel bahan bakarnya racikan Hyundai.

Nah, yang terbaru adalah kendaraan komersial bertenaga listrik dengan nama eDAILY. Ini dipercaya kedua perusahaan, terutama Iveco, punya potensi masa depan di kelas van yang sangat besar. Produk purwarupa yang sudah dihasilkan ada dua; eDAILY BEV yang cocok untuk perjalanan singkat, dan eDAILY FCEV akan menjadi pilihan ideal untuk pengiriman yang lebih jauh dengan muatan lebih berat.

Bagian integral dari eDAILY FCEV adalah paket baterai desain dari Iveco Group, sedangkan sistem sel bahan bakar hidrogen disediakan oleh pihak Hyundai. Teknologi sel bahan bakar canggih punya Hyundai sudah digunakan dalam berbagai aplikasi, dan terutama di sektor kendaraan komersial. Sistem ini mencatat jarak tempuh uji coba dan opresional langsung lebih dari 4,5 juta kilometer di seantero Swiss lewat satu model truk angkut berat.

“Direkayasa oleh Iveco Group, didukung oleh Hyundai” adalah tema dari kolaborasi ini. Seiring itu pula menuyusul segera bus Iveco yang berbahan bakar hidrogen. Hyundai dan Iveco Group juga mempertimbangkan opsi kolaborasi lainnya, mulai dari penjualan silang produk di wilayah tertentu di seluruh dunia hingga pengembangan bersama dalam otomatisasi dan konektivitas kendaraan.