Mack, Jagoan Asal Amerika

Mack, Jagoan Asal Amerika
Belum dilirik oleh konsumen Indonesia
 

Nama Mack bisa jadi memang jarang terdengar, kalau tak bisa disebut malah tidak pernah kedengaran gaungnya, untuk pasar Indonesia. Ya, truck asal Amerika Serikat ini memang sampai kini belum meraih atensi dari konsumen Indonesia. Walaupun truk asal Negeri Paman Sam lainnya juga tidak punya popularitas yang lebih bersinar dibandingkan produk asal jepang maupun Eropa.

Mack secara resmi punya nama “Mack Trucks, Inc, pernah juga membuat bus, muncul pertama kali tahun 1900 dengan nama dagang Mack Brothers Company.  Produksi truk perdananya di tahun 1907. Kemudian sejak tahun 1922, nama produknya disingkat menjadi “Mack” saja.

Selain itu, meski jarang terdengar, ternyata Mack sejak tahun 2000 berada di genggaman raksasa truk asal Swedia yaitu Volvo. Ini bersama dengan digamitnya Renault Trucks di tahun itu.

Greensboro, North Carolina, adalah markas utama dari pabrikan yang sejatinya punya produk yang bisa ditemui di 45 negara di dunia. Bahkan Australia, merupakan salah satu negara di mana Mack punya popularitas yang terbaik. Tak heran kalau pabrikan yang logonya merupakan anjing Bulldog ini memilih Brisbane sebagai salah satu pusat produk beberapa model yang berbasis setir kanan.

Selain itu ada jug apusat produksi yang berada di Caracas, Venezuela, untuk pemasaran wilayah Amerika Selatan.

Ada sejumlah model dari Mack yang saat ini masih diproduksi dan beroperasi secara aktif. Sebut saja Granite yang merupakan model spesifik untuk kebutuhan kegiatan konstruksi atau perhutanan. Ini merupakan salah satu seri klasik dari Mack, desainnya sangat mudah dikenali karena ada bonnet yang desainnya khas.

Selain itu, Mack paling tidak untuk pasar Amerika Serikat punya barisan produk sesuai dengan peruntukannya; Construction Series, Highway Series, sampai Refuse Series yang identik sebagai truk pengangkut sampah, dan juga militer.