Selain Truk Untuk Area Tambang, Scania Punya 3 Jenis Truk Lain

Selain Truk Untuk Area Tambang, Scania Punya 3 Jenis Truk Lain
Scania menyediakan beragam jenis truk
 

Sebelumnya kami sudah membahas dua jenis truk Scania yang siap digunakan untuk area pertambangan di Indonesia. 

United Tractors selaku member Astra grup yang memasarkan produk truk Scania juga menyediakan 3 jenis truk lain yakni Fuel Transport Trucks, General Cargo Trucks, dan Heavy Haulage Transport Trucks. 

Scania Fuel Transport Trucks, sesuai namanya merupakan truk pengangkut bahan bakar. Digunakan untuk memobilisasi pemindahan bahan bakar minyak via jalan raya dari depo (gudang bahan bakar) ke SPBU. 

Truk ini dilengkapi Scania dengan berbagai fitur keamanan yang superior. Di antaranya adalah sistem pengereman yang bisa diandalkan, kabin yang kokoh, dan berbagai fitur keamanan lain yang mudah diakses.

Saat ini ada 4 tipe fuel transport trucks Scania. Salah satunya adalah P280-B6X2 dengan mesin bertenaga 280 HP dan konfigurasi roda 6×2. Tangki bahan bakar di belakang truk mampu menampung 16 kL. Sementara varian yang lebih besar adalah P410-A4X2 dan P410-A6X4 yang mampu mengangkut bahan bakar sebanyak 24 kL dan 32 kL.

Selanjutnya ada General Cargo Trucks. Tipe truk ini digunakan untuk distribusi berbagai macam barang mulai dari Fast Moving Consumer Goods (FMCG), alat elektronik, obat-obatan, pakaian, dan masih banyak lagi. 

Truk-truk Scania dipasarkan di Indonesia oleh United Tractors, jadi bagian Astra grup

Truk ini didesain dengan efisiensi bahan bakar yang baik, daya tahan lama dan produktivitas tinggi. Tipenya terbagi 2 dan dipasarkan di Indonesia, yaitu P410-A6X2 dan P410-A6X4. 

Kedua tipe truk ini memiliki daya angkut plus bobot maksimalnya mencapai 45 ton saat beroperasi di jalan raya. Kedua truk tangguh ini sama-sama memiliki tenaga mesin 410 HP, hanya saja terdapat perbedaan pada konfigurasi roda.

Heavy Haulage Transport Trucks. Jenis truk terakhir ini merupakan truk yang didesain untuk menarik beban berat, misalnya untuk memindahkan alat berat dan bahan konkret untuk proyek pembangunan. Truk ini bisa dikombinasikan dengan instalasi mobile crane.

Saat ini ada 2 tipe yang dipasarkan United Tractors dan Scania. Yang pertama adalah G500-A6X4 yang digunakan untuk memobilisasi mesin. 

Lalu ada G500-A6X6 yang kapasitasnya mencapai 120 ton untuk sektor pertambangan dan 45 ton untuk jalan raya atau yang biasa disebut dengan on-road, dengan jarak roda 3.350 mm dan konfigurasi roda 6×6.

Bagi pebisnis yang berminat, United Tractors memasarkan tipe-tipe truk Scania ini menggunakan standar emisi Euro 4. Tidak heran jiak truk semua tipe truk Scania mampu menghasilkan emisi gas buang lebih rendah dan lebih hemat konsumsi bahan bakar, juga men jadi truk ramah lingkungan.