Truk Kargo Otonom Asal Swedia Dinilai Layak Mengaspal di Amerika Serikat

Truk Kargo Otonom Asal Swedia Dinilai Layak Mengaspal di Amerika Serikat
Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, NHTSA, memberikan kelayakan truk tanpa supir ini melaju di jalan raya.
 

Perusahaan teknologi pengangkutan asal Swedia, Einride, mengumumkan telah menerima persetujuan dari Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) untuk mengoperasikan kendaraan Transport Otonom Listrik (Autonomous Electric Transport, AET) di jalan umum Amerika Serikat.

Ini merupakan pertama kalinya truk listrik tanpa pengemudi menerima izin untuk menggunakan jalan umum di Amerika Serikat. Einride akan menggunakan persetujuan tersebut untuk melakukan uji coba di jalan umum dengan GE Appliances, guna menunjang operasionalnya dan mengedepankan fungsionalitas Einride Pod yang dibuat khusus untuk dunia kendaraan komersial di masa mendatang.

Truk kargo listrik ini, benar-benar tak ada kabin untuk pengemudi di dalamnya, tetapi dimonitor dari jarak jauh oleh operator Remote Pod, yang menjadikan pilotnya sebagai yang pertama di industri jenis kendaraan baru itu.

Einride mengatakan pihaknya tetap menganggap peran operator sangat penting dalam mengoeprasikan kendaraan otonom secara aman, sehingga tetap ‘menjaga’ manusia berada di dalam lingkarannya dan menciptakan pekerjaan untuk memenuhi cara pengiriman di mas depan.

"Ini adalah jenis kendaraan yang belum pernah terlihat di jalan-jalan AS dan menandai tonggak penting sebagai titik balik bagi masa depan industri pengangkutan,” ujar Robert Faick, CEO  dan founder Einride.

“Kami tahu teknologi otonom dan listrik dari pod kami tidak hanya akan merevolusi transportasi tetapi juga menciptakan ribuan pekerjaan dan membantu Amerika tetap kompetitif," tukasnya.