Truk Mitsubishi Fuso Kini Dilengkapi Runner Telematics, Ini Fungsinya

Truk Mitsubishi Fuso Kini Dilengkapi Runner Telematics, Ini Fungsinya
Pada pelaksanaan teknisnya, parameter sistem GPS diatur dalam regulasi dari Kementerian Perhubungan. Seperti apa?
 

Teknologi digital sudah merambah ke berbagai sektor. Termasuk kendaraan niaga. Salah satunya yang dilakukan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pekan ini.

Di mana KTB bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, melalui penguatan sistem Runner Telematics terhadap regulasi Kemenhub PM 60 / 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor di Jalan.

"Kami akan menghadirkan serta memperkuat solusi digital melalui integrasi data dari berbagai sistem digital yang kami miliki seperti Runner Telematics, Dealer Management System (DMS) serta berbagai sumber lain terkait data informasi pelanggan,” ucap Naoya Takai, Presiden Direktur KTB.

Pada pelaksanaan teknisnya, parameter sistem GPS diatur dalam regulasi dari Kementerian Perhubungan.  Adapun parameter yang harus dimiliki lebih kepada pengawasan kendaraan secara realtime dan monitor kecepatan dan lokasi kendaraan pada peta.

Lalu info lokasi keberangkatan dan kedatangan kendaraan seperti info rute, titik angkut/titik kirim, pembatasan wilayah secara digital, lama waktu berkendara, jarak berkendara, durasi berhenti, durasi mengemudi, lama waktu mesin beroperasi.

Hingga peringatan pelanggaran batas kecepatan, manajemen aset, dokumen kendaraan, manajemen pengemudi, histori rute yang dilalui, info volume BBM dalam tangki, info durasi kendaraan dalam keadaan diam. Semua fungsi tersebut tersedia dalam sistem Runner Telematics yang dapat diakses oleh sistem Kemenhub.