Truk Terbesar Di Dunia Asal Belarusia

Truk Terbesar Di Dunia Asal Belarusia
Mesin gandanya hasilkan ribuan daya kuda
 

Semasa keberadaan negara yang bernama Uni Soviet, sejumlah wilayah di Eropa Timur seperti yang kini bernama Ukraina dan Belarusia merupakan area industri manufaktur kelas dunia. Tak heran setelah negara raksasa itu runtuh, sejumlah wilayah industri yang berada wilayah negara bagian eks Uni Soviet praktis tidak terlalu sulit untuk berkembang lebih lanjut.

Salah satunya adalah BelAZ yang merupakan BUMN milik negara Belarusia yang berkantor pusat di kota Zodzina. Nah salah satu kreasi BelAZ yang fenomenal adalah bisa membuat sebuah truk pengangkut batu bara dengan daya muat paling besar di dunia.

Ya, nama resminya BelAZ 75710 yang rilis perdana tahun 2013. Ini merupakan truk gardan ganda dengan penggerak di keempat roda ditambah empat unit power steering hidrolik pada keempat roda yang sama. Tiap roda punya ban kembar yang masih-masing berukuran 59/80R63. Komposisi ini membuat truk punya radius putar sampai 31 meter.

Berbekal penopang seperti itu membuat truk ini bisa memangkut muatan sampai seberat 450 ton sekali angkut. Bobot kosongnya sendiri di angka 360 ton. Dimensinya, tentu saja, menyesuaikan bobotnya; panjang 20,6 meter, tinggi 8,16 meter, dan lebarnya 9,87 meter. Sistem penggeraknya buatan Siemens berkode MMT 600 yang ditenagai dua unit pembangkit daya berbahan bakar solar semerek yang bisa hasilkan tenaga sampai 2.300 daya kuda.

Ribuan daya kuda itu terbilang lumayan untuk bisa mendorong truk raksasa ini bisa melaju paling cepat 64 km/jam, saat tanpa muatan. Ketika muatan penuh juga tidak terlalu mengecewakan, karena kecepatan maksimalnya 40 km/jam.

Mesin ada dua, buatan Siemens