Melaju Tanpa Kabin Dan Tanpa Supir, Direncanakan Beroperasi Pada 2023

Melaju Tanpa Kabin Dan Tanpa Supir, Direncanakan Beroperasi Pada 2023
Udelv Transporter, merupakan sebuah terobosan dengan membuat kendaraan komersial otonom tanpa kabin.
 

Kabin, pada umumnya digunakan sebagai lokasi tempat pengemudi maupun penumpang pada sebuah kendaraan. Tetapi, apa gunanya kabin, jika di dalamnya tak diperlukan pengemudi?

Sepertinya, konsep itu yang digunakan oleh Udelv Transporter, kendaraan yang dibuat oleh perusahaan Start Up berasal dari Silicon Valley, Amerika Serikat. Seluruh bodinya digunakan sebagai ruang kargo, alias pengangkut barang. Sehingga daya muatnya lebih banyak dibandingkan kendaraan kargo yang berdimensi sama.

Hal yang membuatnya seperti itu, Transporter digerakkan oleh sistem self-driving Mobileye Drive yang terdiri dari rangkaian kamera, LiDAR, radar dan EyeQ generasi kelima, System-on-Chip Mobileye untuk aplikasi otomotif.

Transporter juga akan mengintegrasikan peta AV Mobileye berdasarkan Road Experience Management (REM), peta dunia yang terus diperbarui secara crowdsourced yang mendigitalkan apa yang perlu dinavigasi oleh kendaraan otonom.

Transporter ini, bisa melakukan 80 penghentian di sepajang rute yang dilaluinya dengan jarak 257 hingga 482 km. Tentu hal ini bergantung juga dengan kapasitas baterainya yang bisa digunakan dengan paket baterai 90 kWh hingga 169 KWh.

Untuk pengisian baterainya, hanya membutuhkan 45 menit agar bisa digunakan hingga 354 km. Sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 112 km/jam.