Nissan Keluar Dari Pasar Van Amerika

Nissan Keluar Dari Pasar Van Amerika
Orang dalam Nissan menyebutkan bahwa Van ini akan segera dihentikan produksinya.
 

Amerika Serikat merupakan salah satu pasar van terbesar di dunia. Namun demikian, sepertinya bukanlah pasar yang cukup ramah untuk semua merek. Salah satu yang sedang meranggas adalah Nissan dengan van NV Series yang merupakan van full-size yang hanya ditargetkan untuk pasar Amerika Utara dan Kanada.

Diwartakan oleh automotive news, van besar ini masuk dalam skema rencana untuk dipensiunkan. Orang dalam yang enggan disebut namanya, mengatakan bahwa ada isyarat kuat dari prinsipal untuk keluar dari pasar tersebut.

Kondisi ini erat hubungannya penurunan penjualan di pasar AS yang terimbas oleh Covid-19 dan kabar bahwa Nissan tengah mengambil haluan baru dalam bisnisnya di mana merampingkan model globalnya menjadi 55 model dari 69 yang ada di saat ini.

NV Series merupakan van yang ditawarkan dengan mesin V6 4.000 cc dan V8 5.600 cc. Van ini sudah mengaspal sejak 2012 silam dan sebenarnya punya penjualan yang cukup baik untuk ukuran pemain baru ketika itu. Bahkan di awal debutnya, NV Series berhasil membuat pihak General Motors berdebar lantaran mampu mengejar penjualan Chevrolet Express dan GMC Savana.

Figur penjualan NV Series mulai oleng pada 2019 silam dan diperburuk lagi oleh pandemi Covid-19. Saat ini pasar lokal negeri koboi, dikuasai oleh Ford Transit yang sukses mencaplok hampir 50% pada segmen yang ada.