Reliant Regal: Van Paling 'Apes'?

Reliant Regal: Van Paling 'Apes'?
Awalnya ditujukan untuk angkut barang lebih banyak dari motor
 

Kalau Anda pernah melihat seri televisi yang termasuk legendaris dimana aktor Inggris Raya, Rowan Atkinson, memerankan Mr. Bean pasti tidak asing dengan mobil yang hampir selalu ditabrak Morris Mini Minor tunggangan Rowan.

Adegan Reliant Supervan terbalik dalam serial "Mr Bean" jadi adegan paling ditunggu

Ya, mobil tiga roda warna biru itu adalah Reliant Regal yang memang mobil barang tulen khas Inggris. Produksi aktifnya dari tahun 1952 hingga 1973, secara resmi disebut sebagai “Tricyle”. Produsennya juga merupakan kampiun sepeda, Raleigh Bicycle Company. Kendaraan tiga roda ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan logistik ringan yang bisa dilakukan secara ekonomis serta efisien untuk wilayah seantero Inggris waktu itu.

Oleh sebab itu, untuk ‘mengakali’ efektivitas pemakaiannya, salah satunya dengan memungkinkan pemegang surat ijin pengendara motor (Class A) bisa langsung mengemudikan mobil yang punya ‘nama panggung’ sebagai Reliant Supervan itu tanpa harus punya lisensi mengemudikan mobil. Daya angkut ruang barangnya hampir di semua generasi Supervan adalah 1,4 kubik meter.

Sebagai kendaraan angkut ringan, bobot Reliant Supervan dari generasi ke generasi kurang dari 500 kilogram. Struktur bodinya juga sederhana, termasuk jika memperhatikan yang versi ‘sedan’. Untuk generasi pertama atau yang sering disebut “Mk I” (1953) masih memakai materi kayu di sejumlah detail pada bodi.

Sampai generasi “Mk IV” (1958), tidak banyak berubah dari mobil yang bermesin empat silinder serta berkapasitas 747 cc dan sudah ada radiatornya. Namun pada versi “Mk III” bodinya secara keseluruhan sudah berbahan fiberglass. Dan bahan ini masih dipakai sampai versi “Mk VI” (1960).

Mobil yang sudah diproduksi sebanyak 105.824 unit ini antar generasi atau versi memang terbilang dekat satu sama lain. Karena versi terakhir awal dekade ’60-an muncul di tahun 1960 maka tahun 1962 sudah muncul generasi “Mk VII”, mesinnya baru dengan kapasitas 803 cc. Bodinya sudah berbahan logam, sasisnya baru, detail eksterior juga lebih modern.

Selama periode aktifnya, Reliant Supervan juga punya saudara beda model namun dibangun pada platform yang sama. Ada versi saloon, station, sampai pikap. Versi tahun 1969 merupakan sesi terakhir dari Supervan diproduksi massal.