Renault Luncurkan Trafic Dengan Versi Camper Van Buatan Pabrik

Renault Luncurkan Trafic Dengan Versi Camper Van Buatan Pabrik
Renault, meluncurkan camper van SpaceNomad dan Hippie Caviar Hotel. Cara pabrikan memenuhi keinginan berpetualang setelah lockdown dibuka.
 

Muncul pada Düsseldorf Caravan Salon, tipe camper van ini disebut-sebut ‘akan dibutuhkan setelah bebas dari lockdown berkepanjangan’ di masa pandemi ini.

Pertama adalah Trafic SpaceNomad, uji coba perdananya di Swiss dan sukses, sehingga Renault memutuskan untuk memperluas pemasaran camper van itu ke Austria, Belgia, Denmark, Prancis dan Jerman pada 2022.

 

Seperti namanya, Trafic baru ini tersedia dalam dua pilihan panjang,  5.080 mm dan 5.480 mm. Juga variasi empat dan lima kursi serta pilihan transmisi manual maupun otomatik, dengan mesin yang menghasilkan output mulai dari 108-168 hp.

 

Paling mengasyikkan, Trafic SpaceNomad ini dilengkapi dengan atap pop-up dan jok belakang yang bisa menjadi tempat tidur. Bahkan muat hingga empat orang tidur di dalamnya.

Di saat waktu makan, pengguna Trafic SpaceNomad akan  disediakan dapur lengkap dengan kompor dua tungku, kulkas 49 liter dan wastafel. Bahkan ada meja yang bisa digunakan di dalam maupun di luar kendaraan.

Hal menarik lainnya, kursi depan dapat diputar, shower outdoor dan tenda berukuran 2.200 x 2.350 mm. Pembeli juga akan menemukan lampu interior LED dan pemanas makanan 2.000 watt. Kelengkapan itu, termasuk charger smartphone nirkabel dan sistem infotainment 8 inci kompatibel Android Auto dan Apple CarPlay.

Dilansir Carscoops, di awal bulan Renault telah meluncurkan Hippie Caviar Hotel dengan  konsep van kemping ‘hippie-chic’ yang terinspirasi gaya di tahun 1960-an. Menggunakan Trafic EV yang dimodifikasi, van ini dilengkapi dengan teras di atapnya, juga lounge dengan meja dan sandarannya bisa dipasang pada atap tersebut.

 

Kabin cukup bergaya dengan pelapis linen dan wol. Dengan bagian belakang yang  terpisah dengan kabin depan, seperti memiliki ruang tamu dengan tampilan yang bergaya, karena terdapat karpet kuning, kursi dan kompartemen penyimpanan yang elegan.

 

Lebih khusus lagi, tersedia tempat tidur yang dapat disesuaikan dengan panjang 1950 mm dan lebar 1.450 mm. juga dilengkapi tirai yang memberikan privasi dan perlindungan dari cuaca.

 

Walau Renault masih tampak ‘malu-malu’ tentang hal memperkenalkan kendaraan listriknya, tetapi camper van listrik ini cukup lengkap dengan kamar mandi dan titik pengisian daya listrik yang bisa dipasang pada lokasi perkemahan.