Arus Balik Di Terminal Area Jabodetabek Makin Terasa

Arus Balik Di Terminal Area Jabodetabek Makin Terasa
Arus penumpang ‘melandai normal’ kemungkinan pekan depan
 

Seiring berakhirnya libur akhir tahun, jumlah  penumpang di Terminal Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, mulai mengalami kenaikan sejak Senin (1/1) yang didominasi kedatangan dari wilayah Jawa Tengah maupun Timur.

"Sejak Senin (1/1) jumlah penumpang mencapai 1.708 orang dengan jumlah bus yang tiba sebanyak 302 bus. Namun, pada hari ini jumlah penumpang mencapai 2.356 orang dengan jumlah bus yang tiba sebanyak 348 bus," kata Komandan Regu Terminal Terpadu Pulogebang Mujib Tambrin di Jakarta, (2/2).Ia memperkirakan puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 akan terjadi pada hari ini sampai Rabu (3/1). "Perkiraan kami arus balik mungkin malam ini dan Rabu (3/1),” katanya.

Sejurus kemudian Mujib  menyatakan bahwa pihaknya akan memaksimalkan pelayanan dan keamanan  bagi penumpang yang baru tiba di Terminal Terpadu Pulogebang sehubungan puncak arus balik. "Petugas gabungan selalu berjaga 24 jam untuk melakukan pengamanan di sekitar terminal. Kami dibantu oleh personel TNI dan Polri," ujarnya sebagaimana dikutip dari Antara.

Salah satu penumpang, Marwiah (47) mengaku lebih awal balik ke Jakarta dari Brebes untuk menghindari kemacetan."Pulang sekarang untuk menghindari macet dan mudah dapat (tiket) bus," ujarnya.

Serupa dengan kondisi di Pulogebang, arus balik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang melalui Terminal Kalideres (Jakarta Barat) diprakirakan terjadi 1-3 Januari 2024.

"Arus balik tanggal 1 sampai tanggal 3 Januari 2024," ungkap Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi pekan lalu (27/12). Diutarakanya lagi, pihaknya tetap melakukan persiapan yang sama untuk arus balik. Yakni posko pengawasan terpadu yang tetap siaga sampai 3 Januari 2024.

Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat pada Rabu per pukul 19.00 WIB (27/12) menurun dibandingkan dengan jumlah penumpang saat puncak kepadatan libur Natal pada 23 Desember 2023. "Jumlah penumpang berangkat hari ini ada 266 penumpang dengan 55 kendaraan," pungkasnya.

Baca juga: Perang Snack Antar PO Makin Menjadi

Baca juga: Jawa Timur Masih Terpadat Jumlah Busnya