Foton Jagokan Tiga EV Segmen Komersial

Foton Jagokan Tiga EV Segmen Komersial
Segera memanfaatkan perakitan di Pulo Gadung
 

Di ajang GIICOMVEC 2024 (7-10/3) Foton bak mengkukuhkan lagi eksistensinya di pasar kendaraan Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga model kendaraan komersial tenaga listrik yang dirilis bersamaan.

Ketiganya adalah Foton e-Truckmate, e-Aumark, dan e-View.

“Data menunjukkan penjualan kendaraan listrik di Indonesia pada tahun 2023 meningkat 300 persen dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini menegaskan bahwa masyarakat Indonesia semakin dapat menikmati kelebihan dari kendaraan berbasis energi yang ramah lingkungan dan efisien,” buka Edi Napis, Chief Operating Officer PT Indomobil Global Transportasi saat inagurasi ketiga mobl listrik tersebut pekan ini (7/3).

Diungkapkan lagi Edi, bahwa Indonesia adalah pemilik sumber daya nikel terbesar di dunia. Sementara itu, untuk mencapai tujuan pengurangan emisi karbon sebesar 31,89 persen pada tahun 2030, dan netralitas karbon pada tahun 2060, pemerintah telah memprioritaskan pengembangan kendaraan berbasis listrik sebagai strategi nasional.

Selanjutnya juga telah banyak digulirkan kebijakan dan langkah-langkah pendukungnya untuk pengembangan kendaraan listrik. Hal yang sama selaras dengan visi dan misi Foton di Indonesia jabar Edi panjang lebar.

Menurut Edi, bahwa jejak Foton di Tiongkok yang merupakan salah satu kampiun kendaraan komersial menjadi ‘modal’ yang kuat untuk juga bisa dibawa ke pasar kendaraan bermotor di Indonesia.

Untuk memperkuat posisi Foton di Indonesia, Edi menguraikan lagi bahwa beberapa strategi bisnis yang inovatif dan progresif bertujuan untuk meningkatkan populasi Foton. Salah satunya dengan bergegas untuk melakukan produksi secara CKD atau Completely Knocked Down untuk produk-produk Foton EV di Indonesia.

“Produksi CKD ini memungkinkan kami untuk menurunkan biaya produksi dan meningkatkan kandungan lokal sehingga konsumen dapat menerima insentif pajak dari program pemerintah. Dengan demikian, kami dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif dan terjangkau bagi pelanggan di Indonesia,” ujar Edi.

Dikabarkan bahwa pihak Foton akan segera memanfaatkan fasilitas perakitan mobil milik kelompok Indomobil yang ada di wilayah Pulo Gadung, Jakarta Timur. Hal ini, masih menurut Edi Naspi, bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi atau perakitan produk Foton yang akan dipasarkan di kawasan ASEAN. “Hal itu sudah masuk dalam rencana kami,” senyumnya.

Foton sendiri sebenarnya tidak asing dalam upaya untuk merakit kendaraannya di Tanah Air. Tahun 2008 pernah melakukan perakitan untuk Foton View di unit produksi Gaya Motor milik kelompok Astra.

Baca juga: GIICOMVEC 2024: Selusin Raksasa Kendaraan Komersial Pasti Hadir

Baca juga: Absen Di Tahun 2022, GIICOMVEC Akan Hadir Lagi Tahun 2024

Foton eAumark akan satu segmen dengan Mitsubishi eCanter

Foton eView, pilihan menarik untuk Big MPV tenaga listrik