Hino Indonesia Academy Rangkul Pekerja Terdampak PHK

Hino Indonesia Academy Rangkul Pekerja Terdampak PHK
Siapkan pelatihan mengemudi dan teknis gratis
 

Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia memilih PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai mitra untuk memberikan pelatihan kepada para peserta Program Kartu Prakerja. Langkah ini menjadi lanjutan Surat Keputusan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2023 Tentang Penetapan Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja. 

PT Hino Motors Sales Indonesia melalui Program Hino Indonesia Academy berupaya untuk terus berkontribusi dalam Program Ecosystem Prakerja. Ini merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi sesuai Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 113 Tahun 2022.

Dalam program ini, Hino Indonesia Academy selaku training provider akan mengadakan dua program pelatihan yang dibuka untuk umum yaitu Pelatihan Mengemudi Kendaraan Besar Bus dan Pelatihan Mengemudi Kendaraan Besar Truk di Pusat Pelatihan Pengemudi Hino – Hino Total Support Customer Center (HTSCC), Purwakarta. Selain itu, akan dibuka juga untuk skema Pelatihan Strategi Pemasaran Operasional Industri Otomotif di Kota Tangerang, Banten.

Peserta pelatihan pra kerja yang diselenggarakan oleh Hino Indonesia Academy diklaim akan memiliki beberapa keunggulan dan akan memiliki link untuk masuk ke perusahaan – perusahaan yang membutuhkan dimana sebagian besar adalah pelanggan setia Hino. Selain itu peserta dibebaskan dari akomodasi seperti hotel, makan, dan transportasi dari hotel ke lokasi pelatihan.

"Peserta pelatihan Prakerja membutuhkan peningkatatan kompetensi atau keterampilan, dimana salah satu nya yang termasuk dalam prioritas bidang pelatihan Kartu Prakerja adalah pelatihan pengemudi kendaraan besar baik itu truk dan bus," ungkap Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI dalam siaran pers yang diterima tim Bus-Truck.id.  

"Untuk itu Hino Indonesia Academy hadir sangat tepat dan sebagai solusi bagi para peserta kartu Prakerja yang ingin mengambil pelatihan mengemudi kendaraan truk dan bus karena kami memang memiliki sumber daya yang lengkap dan terpercaya, mulai dari kendaraannya itu sendiri, fasilitas pelatihannya seperti sirkuit praktek, kurikulum pengajaran, hingga para trainer yang memiliki sertifikasi BNSP” tambahnya.

Pelatihan Hino Indonesia Academy digelar di Purwakarta, Jawa Barat, dengan alasan lokasi dari HTSCC yang merupakan sirkuit pelatihan yang dimilik Hino. HTSCC memiliki beragam fasilitas seperti basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, sampai safety brake

Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan dengan kurikulum dan trainer yang tersertifikasi BNSP. HTSCC Dibangun di atas lahan seluas 24.000-meter persegi dan Hino merupakan satu – satunya pemain kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelangganya. 

HTSCC digunakan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, teknik blind spot sehingga tepat jika akan digunakan sebagai tempat pelatihan untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) kendaraan besar.

Untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja, dapat di akses melalui Tokopedia, klik Kartu Prakerja, Pilih Kategori Otomotif, Hino Indonesia Academy, Pelatihan pengemudi Kendaraan Besar dapat di klik disini.

“Dengan kerjasama antara Pusat Pelatihan Hino di bawah program Hino Indonesia Academy dengan Pra Kerja, Hino ingin berkontribusi dalam memberikan pelatihan pra kerja, khususnya  untuk pengemudi profesi di fasilitas HTSCC dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mengemudi bus dan truk yang benar dan aman, dimana ini sesuai dengan visi Hino untuk mewujudkan transportasi yang aman di Indonesia” tutup Santiko.

Baca juga : Hino Indonesia Resmi Mengubah Nama 3 Truknya Lebih Mendunia

Baca juga : Hino Yakin Terus Dominasi Pasar Truk Nasional