Jor-joran di Jepang, Isuzu Punya Apa di Indonesia? 

Jor-joran di Jepang, Isuzu Punya Apa di Indonesia? 
Siapkah untuk elektrifikasi?
 

Panggung Japan Mobility Show 2023 dimaksilkan Isuzu Motors Limited dengan merilis banyak model baru di segmen komersial. Beberapa model ini bahkan sudah mengadaptasi semangat elektrifikasi, seperti lahirnya unit Isuzu Giga Fuel Cell, Isuzu Elf EV, Isuzu Elf Mio, hingga bus flat deck yang diberi nama Isuzu Erga EV. 

Lantas bagaimana dengan penetrasi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Agen Pemegang Merek Isuzu di Tanah Air. Sejatinya, PT IAMI memiliki otoritasi merek terhadap produk dan layanan merek Isuzu di seluruh pelosok Indonesia. Namun sebagai produsen, PT IAMI memproduksi kendaraan komersial merek Isuzu untuk kebutuhan pasar dalam negeri maupun luar negeri. 

Wujud asli Isuzu Giga Fuel Cell tampil di Japan Mobility Show 2023

PT IAMI juga melengkapi jaringan jasa penjualan, perawatan, dan perbaikan kendaraan merek Isuzu dengan cakupan seluruh Indonesia. Untuk lini produknya sendiri, Isuzu di Indonesia memiliki beragam produk yang dikelompokan dalam dua kategori, yaitu Commercial Vehicle (CV) dan Light Commercial Vehicle (LCV). 

CV terdiri dari medium pick up Isuzu Traga, light truck Isuzu Elf dan medium truck Isuzu Giga. Sedangkan dalam kategori LCV terdapat beberapa kendaraan yang ditawarkan, yaitu Isuzu D-Max dan Isuzu MU-X. Meski berkaca dari apa yang disuguhkan di Jepang, PT IAMI harus mampu mengembangkan portofolio produknya untuk memenuhi permintaan konsumen.

Isuzu Elf EV, salah satu bintang Isuzu di Japan Mobility Show 2023

Prediksi kami Isuzu belum akan mendatangkan produk elektrifikasinya dalam waktu dekat. Meski begitu, mereka mengklaim siap dengan teknologi apapun termasuk teknologi elektrifikasi di kendaraan niaga Isuzu. Perkara adopsi teknologi elektrifikasi ke Indonesia, IAMI selaku APM secara kompetensi SDM dan teknologi, akan selalu mengacu pada Isuzu Motors Limited selaku perusahaan principal.

“Sebagai agen pemegang merek, Perusahaan manufaktur dan distributor kendaraan komersial merek Isuzu di Indonesia, kami memahami bahwa setiap perjalanan bisnis yang ditempuh para Isuzu Partner merupakan bagian penting yang menjadi perhatian kami. Melalui semangat dan kerja keras, kami bertransformasi dan senantiasa memberi solusi produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Isuzu Partner," tukas Yusak Kristian Solaeman, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia dalam keterangan resminya.

Isuzu Traga kerap ekspor ke beberapa negara tetangga di Asia Tenggara

"Hal ini sejalan dengan tagline besar kami, yaitu ingin menjadi partner sejati dalam setiap perjalanan yang customer kami lalui. Mari berjalan beriringan untuk memberi makna dalam setiap perjalanan yang kita tempuh untuk mencapai kesuksesan bersama,” tutupnya

Isuzu mengklaim turut menyeimbangkan antara produk dan dengan layanan komprehensif secara masif. Sebut saja menghadirkan jaringan bengkel resmi, Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), Bengkel Mitra, Field Advisor, hingga Training Center. Serta didukung pula dengan jaringan Part Depo, Mini Depo dan Part Shop yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Isuzu Giga penyumbang terbanyak kedua

Sampai saat ini Isuzu telah memiliki 109 dealer, 160 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), lebih dari 1.700 partshop, 73 Bengkel Mitra Isuzu (BMI), dan 3 parts depo. Seluruh fasilitas tersebut siap memberikan pelayanan purna jual yang maksimal di seluruh pelosok Indonesia. Plus pelayanan digiotal berupa akses layanan dan produk via aplikasi MyIsuzuID, layanan telematik Isuzu Link, dan customer service Isuzu Contact Center.

Baca juga: Daihatsu Bakal Pamer 2 Mobil Niaga Listrik di Japan Mobility Show 2023

Baca juga: Foton Serahkan Unit ke-1.000 Untuk J&T Express