Lampu Pintar, Bukan Cuma Sorot Tapi Juga ‘Bicara’

Lampu Pintar, Bukan Cuma Sorot Tapi Juga ‘Bicara’
Racikan legenda produsen lampu
 

Ichikoh Industries bisa jadi tidak banyak dikenal khalayak otmotif Indonesia. Namun sebenarnya produknya banyak terpasang di berbagai model mobil terlaris seperti yang ada pada mobil buatan Toyota maupun Daihatsu.

Pabrikan yang sudah lebh dari satu abad inimemang spesialis lampu maupun spion di kendaraan bermotor. Untuk kawasan Asia Tenggara punya tiga lokasi pabrik, ada di Thailand, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

 Dalam ajang Japan Mobility Show 2023, Ichikoh menampilkan sejumlah inovasi mutakhirnya. Salah satunya, ini termasuk sangat unik sekaligus inovatif, lampu sein yang bisa menyorotkan sinarnya ke arah beloknya mobil.

Lampu sein itu merupakan teknologi baru yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat transportasi yang lebih aman. Teknologi ini mengkomunikasikan pergerakan kendaraan sekaligus menekan potensi saling memotong jalur dengan pemakai jalan lain.

Lampu sein bisa 'menunjuk' arah belok, makin aman buat semua pemakai jalan

 

Temuan terkini ini efektif untuk kendaraan besar seperti mobil dan bus. Akan sangat berguna juga saat melintasi persimpangan jalan yang punya potensi ‘blind spot’ besar.

 

Inovasi lain dari Ichikoh adalah  “e-Face”, merupakan HMI (Human-Machine-Interface) peranti keamanan eksternal eksternal yang banyak berguna untuk kendaraan tanpa pengemudia yang akan semakin jadi tren di banyak kota di dunia. Paket lampu ini bagaikan alat komunikasi dari mobil self-driving kepada pengguna lalu lintas di sekitarnya.

Beragam tanda yang akan bisa dipantau mudah oleh pemakain jalan lain lewat sejumlah simbol "mulai jalan", "ada penumpang yang menyeberang", "mobil sedang berhenti", "mobil akan belok kanan", "salam" dimana semuanya menggunakan teks dan ekspresi wajah.

Baca juga: Kamar Berjalan Ala Nissan

Baca juga: Taksi Mewah Tanpa Driver Kolaborasi Honda-GM-Cruise