Menhub: (Lagi) Selalu Cek Bus Pariwisata

Menhub: (Lagi) Selalu Cek Bus Pariwisata
Kebanyakan tidak dalam kondisi ‘fit’
 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta seluruh jajarannya di daerah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian mengadakan pemeriksaan kelaikan operasi (ramp check) setiap bus pariwisata jelang mudik Lebaran.

"Ramp check kita lakukan, di laut, udara, kereta api, di bus, dan secara khusus kita minta teman-teman di daerah melalui kapolres untuk melakukan ramp check bus-bus atau bus pariwisata," kata Budi pada Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kakorlantas Polri, Kepala BMKG, dan Kepala Basarnas tentang Kesiapan Mudik Lebaran 2024 pekan ini (2/4).

Budi meminta masing-masing daerah melalui Kapolres untuk melakukan penegakan hukum terhadap bus wisata yang biasanya dalam kondisi kurang baik. "Yang kebanyakan adalah bus-busnya itu tidak fit," tambahnya.

Ditekankan lagi olehnya bahwa memastikan kelaikan operasi bus pariwisata merupakan upaya meningkatkan keselamatan masyarakat yang menggunakan moda transportasi tersebut.

Menurut Budi, dengan pengecekan kondisi fisik kendaraan dan kepatuhan terhadap standar keselamatan jalan raya akan mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan bahwa bus pariwisata beroperasi dengan standar yang layak.

Kementerian Perhubungan berupaya memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2024 dengan melakukan pemeriksaan kelaikan operasional atau inspeksi keselamatan kendaraan (ramp check).

Budi menambahkan persiapan angkutan Lebaran 2024 telah dilakukan secara matang melalui koordinasi lintas sektor. Dengan infrastruktur yang sudah terbangun serta kerja sama antarkementerian/lembaga, seluruh operator transportasi, serta berbagai pihak terkait diharapkan dapat tercapai angkutan lebaran yang selamat, aman, dan nyaman.

Baca juga: Mudik Naik Bus: Penumpang Bisa Ikut Pastikan Kelaikan Armada

Baca juga: Dishub Jogja: Awasi Bus Pariwisata