Pemprov DKI Bikin Mudik Gratis 2024 Untuk 27 Ribu Orang

Pemprov DKI Bikin Mudik Gratis 2024 Untuk 27 Ribu Orang
Didukung lebih dari 200 unit bus
 

Pemprov DKI Jakarta kembali Hadirkan Program Mudik Gratis 2024, kerahkan ratusan unit bus untuk mengangkut target penumpang sebanyak 27 ribu orang.

Menurut Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, program mudik yang tidak dipungut biaya ini akan mengantarkan calon penumpang ke tujuan di 19 kota maupun kabupaten yang berada di 6 provinsi di pulau jawa maupun Sumatera.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 259 unit bus untuk arus mudik, dan 210 unit bus untuk arus balik. Selain itu, disediakan juga 13 unit truk untuk mengangkut sepeda motor saat arus mudik dan 10 unit truk untuk arus balik.

Kegiatan ini bersinergi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan berbagai pihak pemangku kepentingan terkait, dan tentu saja serta para pengusaha otobus.  Ini menjadi salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta dalam membantu warganya untuk mudik.

Sebagimana dikutip dari Antara pekan ini (29/2), menurut Budi, biaya yang telah dianggarkan sebesar Rp13 miliar. 

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini, selain mengurangi beban masyarakat, juga menjadi imbauan bagi masyarakat DKI Jakarta untuk menghindari bepergian jauh dengan membawa barang bawaan berlebih, terutama yang hendak menggunakan kendaraan roda dua.

Tahun lalu pada kegiatan sejenis, diberangkatkan 284 bus. Tujuannya seperti Bandar Lampung, Palembang, Kuningan, dan Tasikmalaya. Selain itu ada juga yang diberangkatkan menuju tegal, Pekalongan, Jogja, Madiun, Kediri, JOmbang, sampai Malang.

Sementara itu, masih di kegiatan tahun lalu, telah diberangkatkan juga 13 unit truk yang mengangkut sebanyak 281 motor pemudik dari terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, menuju kota Semarang, Kebuen, Solo, Wonogiri, Jogja, Jombang, dan juga Malang.

Baca juga: Inilah Bus Sleeper ‘Pertama’ Di Indonesia

Baca juga: Sikat! Sumber Alam Buka Pemesanan Tiket Masa Lebaran 2024…