Tol Cileungsi-Cibitung Seksi I Beroperasi 10 November, Tarifnya Gratis Nih

Tol Cileungsi-Cibitung Seksi I Beroperasi 10 November, Tarifnya Gratis Nih
Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing investasi.
 

Akses jalan Alternatif Cibubur terbilang padat. Karena selain disesaki kendaraan penumpang, juga banyaknya kendaraan niaga yang mengandalkan jalur tersebut.

Kabar baiknya, mulai 10 November nanti ruas tol Cimanggis-Cibitung Seksi I (Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya) sepanjang 2,8 Km mulai beroperasi. Asyiknya lagi, tol ini akan digratiskan hingga akhir November sebagai tahap sosialisasi.

“Dibukanya ruas ini tanpa tarif merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat hingga akhir November 2020,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam rilisnya.

Jalan tol ini akan menghubungkan akses jalan Cibubur ke Tol Jagorawi dimana kondisinya saat ini sudah sangat padat terutama pada jam kerja dan jam pulang kerja. Sehingga diharapkan masyarakat pada kawasan tersebut memiliki jalur alternatif dalam mengurai kemacetan.
Jika sebelumnya melalui Alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi dan sebaliknya bisa memakan waktu lebih dari 30 menit, kini dengan  Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I hanya akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing  investasi.

Sebagai catatan, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II). Ruas lainnya adalah Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 Km) dan Kunciran-Serpong (11,4 Km).

Kemudian Serpong-Cinere (10,1 Km) dan Cinere-Jagorawi (14,6 Km). Serta Cimanggis-Cibitung (26,2 Km) dan Cibitung-Cilincing (34 Km).