Adiputro Perkenalkan Prototype Jetbus Roamer Monocoque 4x4 di GIIAS 2023

Adiputro Perkenalkan Prototype Jetbus Roamer Monocoque 4x4 di GIIAS 2023
Pakai rangka monokok dan coil spring
 

Selain merilis resmi Jetbus 5 dalam enam varian, PT Adiputro Wirasejati turut memperkenalkan Jetbus Roamer Monocoque 4x4. Ini adalah terobosan baru yang dirancang Adiputro untuk memenuhi kebutuhan transporter di kawasan pertambangan, seperti untuk mengangkut karyawan dan pekerja tambang. "Jetbus Roamer Monocoque 4x4 sebenarnya masih prototype tapi kami turut mengundang pihak-pihak yang berbisnis tambang juga. Mobil ini strukturnya monokok, tidak ada sasis, berpenggerak 4x4 dan menggunakan coil spring bukan per daun lagi," kata David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati pekan ini (11/8). 

“Pada umumnya, bus menggunakan sasis yang berbentuk space frame atau ladder frame. Namun pada bus Jetbus Roamer Monocoque 4x4 menggunakan rangka monokok maka bodi bus akan lebih kokoh dan mengutamakan keamanan,” tambah David.

Lebih jauh David membandingkan fungsionalitas bus ini sebagai manhauler di area tambang. "Jadi kalau pernah lihat manhauler tambang yang bentuknya kotak terus ada roll bar, nah buatan kita ini sudah dirangkai jadi satu kesatuan sehingga konstruksi yang kami buat ini sudah seperti roll bar. Jadi kita ingin bus ini tetap ringan tapi tetap kuat," urai David.  

Sebelumnya Adiputro telah mengeluarkan bus monokok ukuran medium dengan lantai yang rendah untuk transportasi para atlet di ASEAN Para Games Solo pada 2022. Bus monokok ini telah melampaui uji rancang bangun dan uji tipe yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, sehingga bisa memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) resmi. 

Penggerak 4x4 Jetbus Roamer Monocoque buatan orisinal Adiputro (Momot)

Menurut David, selama ini sebagian besar kendaraan yang digunakan di kawasan pertambangan adalah bus yang dimodifikasi sendiri, bukan produksi orisinal pabrik dengan mengubah penggerak roda 4x2 menjadi 4x4. Bus modifikasi ini sebenarnya tidak cocok untuk kawasan pertambangan yang memiliki medan yang sulit. "Bedanya kalau Jetbus Roamer Monocoque, penggerak roda 4x4 ini dibuat langsung di pabrik sehingga digaransi resmi oleh pabrik," bangga David. 

Selain model tersebut, Adiputro turut menampilkan bus listrik bekerja sama dengan negara yang telah berpengalaman membangun bus listrik. “Di pameran ini kami juga menghadirkan bus listrik dengan ukuran 12 meter. Dengan demikian kami berharap dapat mendukung net zero emission atau ramah lingkungan,” tutupnya.

Baca juga : Yes, Begini Penampakan Utuh Barisan Jetbus 5 Adiputro

Baca juga : Adiputro Resmi Meluncurkan Jetbus 5 dengan Enam Varian Baru