Grand Captain, Model Baru Tentrem Untuk GIIAS 2023 Ternyata Ada Dua

Grand Captain, Model Baru Tentrem Untuk GIIAS 2023 Ternyata Ada Dua
Grand Captain Tentrem siap mempesona
 

Tebak-tebakan model bus-bus baru dari Adiputro, Laksana, dan Tentrem menjelang GIIAS 2023 makin terbuka lebar. Hasil bidikian foto dan video para busmania sukses mengabadikan berbagai produk anyar dari 3 karoseri raksasa Indonesia tersebut termasuk sosok Grand Captain besutan Tentrem. 

Seperti informasi kami sebelumnya, Tentrem dipastikan menghentak GIIAS 2023 setelah mengunggah siluet bodi bus baru yang dipajang di Instagram resmi mereka. "....Grand Captain, See You at GIIAS 2023" begitu bunyi caption @tentrembusofficial di atas siluet bodi bus baru yang nampak memiliki overhang panjang (17/7). 

Namun yang menarik sosok Grand Captain yang akan dipajang ini ternyata hadir dalam dua model. Pertama menggunakan sasis Volvo B11R yang dibenamkan bodi bus Avante H9 Grand Captain, dan model kedua memakai sasis Volvo B8R yang digenapkan bodi bus Avante H8 facelift. 

Nah model kedua inilah yang diproyeksi menjadi magnet pemikat di booth Tentrem lantaran diklaim jadi yang pertama menggunakan sasis Volvo B8R di Indonesia. Volvo B8R tergolong sasis premium berstandar emisi Euro 5 dan dirakit oleh PT National Assemblers yang bermarkas di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Jadi suksesor B7R, Volvo B8R merupakan sasis 4x2 dan didukung berat operasi maksimum kendaraan (GVW) hingga 17,5 ton. Adapun bodi yang bisa dijejali ke sasis premium ini berukuran panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter. Untuk jantungnya, B8R memakai mesin Volvo D8A enam silinder segaris bertenaga 330 dk dan torsi sebesar 1.200 Nm. Tenaga tersebut tersalur ke roda belakang via transmisi otomatis ZF 6AP1200C. 

Grand Captain 2 menggunakan sasis Volvo B11R

Secara kenyamanan, B8R sudah dilengkapi dengan suspensi udara tipe wide. Keistimewaan suspensi urada ini memiliki fitur bisa dimiringkan ketika sedang berhenti sehingga cocok dipasang ke bodi bus tinggi (SHD) termasuk bodi Avante H8 facelift. 

"Bukan Avante terbaru, tepatnya varian baru dari Avante H series mas...jadi kita meneruskan konsep "The Best View Experience"," kata Nugroho selaku tim Marketing Tentrem saat dikonfirmasi langsung bus-truck (25/7). Jadi dipastikan bodi bus Avante H8 facelift ini semakin melengkapi amunisi di seri Avante H series berisikan Avante H9 dan Avante H7. 

Hadir dengan model double glass, Avante H8 'Facelift' nampak berbeda dengan kaca atas yang lebih rebah dibanding model kaca atas H9. 'Jidad Jenong' gaya baru ini diproyeksi hadir mengincar aerodinamika lebih maksimal agar mampu memecah hambatan angin lebih baik. Jadi menarik ditunggu gebrakan Tentrem di GIIAS kali ini yang dipastikan berbeda dibanding tahun sebelumnya yang hanya memajang produk yang sudah rilis. "Di booth kita ada 5 unit mas, sementara di booth APM ada 1 unit," tutup Nugroho. 

Baca juga : Inilah Bodi Bus Baru Tentrem Untuk GIIAS 2023.

Baca juga : 'Grand Captain', Jagoan Karoseri Tentrem Di Ajang GIIAS 2023

..