Harapan Besar Konversi Bus Listrik

Harapan Besar Konversi Bus Listrik
Pemerintah tidak boleh tinggal diam
 

Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) bersama Petrosea memamerkan Bus hasil kolaborasi mereka di ajang Busworld Southeast Asia 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu (15-17/5).

Ajang ini, tidak hanya dihadiri oleh perusahaan manufaktur bus, tetapi juga perusahaan manufaktur suku cadang, komponen, aksesori, teknologi, hingga perawatan bus. Busworld Southeast Asia 2024 diikuti lebih dari 58 peserta dari 6 negara.

Salah satu ‘bintang’ di ajang BusWorld itu adalah bus tenaga listrik konversi yang bisa disebut merupakan produk bus konversi paling ‘memadai’ sampai saat ini. Tak heran kalau Kepala Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe) Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng., menyampaikan harapan besar terhadap masa depan riset kendaraan listrik.

”Kami tidak hanya berharap penelitian kendaraan terus berlanjut, tetapi juga mengalami peningkatan signifikan dalam pengembangan teknologi," kata Feri Yusivar dalam keterangannya pekan lalu (25/5).

Menurut dia dengan upaya yang konsisten dan inovatif, kami percaya bahwa hasil riset ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi dunia industri. "Implementasi teknologi kendaraan listrik di industri akan menjadi langkah maju dalam mewujudkan efisiensi energi dan keberlanjutan lingkungan," katanya lagi. Seperti dikutip dari Antara.

Melalui Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe), FTUI dan Petrosea menghadirkan bus konversi dari mesin diesel menjadi listrik (Kendaraan Bermotor Bahan Bakar Mesin/ KB BBM menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai/ KBL BB).

Tim FTUI dipimpin oleh Kepala RCAVe, Prof. Dr. Ir. Feri Yusivar, M.Eng., didampingi Control Expert, Dr. Abdul Muis, S.T., M.Eng., dan Dr. Ir. Aries Subiantoro, M.SEE.  Tim Petrosea antara lain Head of EV Department–Petrosea, Sahala Sigalingging, ST. M.Sc., dan Development Superintendent Petrosea, Imanul Ilmi, ST., EV.

Baca juga: FT UI Dan Petrosea Rilis Bus Listrk Pertama Hasil Konversi

Baca juga: Bus Listrik Baru Damri Sasar 117 Perumahan Di Jabodetabek

Tidak banyak penyesuaian struktur bus dari yang sebelumnya bermesin konvensional

Stok bus mesin konvensional untuk dijadikan konversi tenaga listrik terbilang sangat melimpah