Isuzu Erga EV Concept, Bus Flat Deck Dengan Torsi 960 Nm

Isuzu Erga EV Concept, Bus Flat Deck Dengan Torsi 960 Nm
Ditenagai oleh baterai lithium-ion 220 kW.
 

Tidak hanya memajang truk ramah lingkungan berteknologi terbarukan, Isuzu hadir di Japan Mobilily Show 2023 dengan menyuguhkan bus listrik berparas futuristik. Konsep tersebut diberi nama Isuzu Erga EV yang diklaim tak sekadar ramah lingkungan tapi juga ramah penumpang. 

Isuzu ingin membuktikan bahwa mereka dapat melakukan peralihan menuju mobilitas niremisi sekaligus menetapkan tujuan untuk mencapai netralitas karbon di tahun-tahun mendatang. Selain menampilkan truk heavy-duty EV Giga Fuel Cell di Japan Mobility Show 2023, Isuzu Motors Limited (IML) memamerkan konsep bus Erga EV full listrik.

Bus ini dianggap oleh Isuzu sebagai bus rata lantai pertama yang dikembangkan untuk mewujudkan nol emisi karbon, bus ini menggunakan powertrain listrik sepenuhnya sekaligus memungkinkan penumpang untuk masuk atau keluar dengan lebih aman.

Area kabin Isuzu Erga EV

Berkat desain lantai datarnya, Isuzu mengklaim semua kursi dapat diakses tanpa tangga, sehingga pergerakan di dalam bus benar-benar bebas hambatan. Selain itu, powertrain listrik memastikan akselerasi & deselerasi lebih mulus, serta meminimalisir tingkat getaran dan kebisingan demi kenyamanan penumpang. 

Bicara soal penumpang, konsep Erga EV mampu menampung total 80 penumpang dengan jumlah 21 seat, space untuk 58 orang berdiri, dan ruang untuk sopir bus. Jantung dari konsep bus Erga EV adalah sepasang motor listrik yang ditenagai oleh baterai lithium-ion 220 kW. 

Setiap motor listrik menghasilkan tenaga 170 PS dan torsi 480 Nm  menghasilkan total output sistem sebesar 340 PS dan torsi sebesar 960 Nm. Perkiraan jarak tempuh Erga EV belum dipaparkan oleh Isuzu karena mereka masih melakukan pengetesan. Namun, mereka mengatakan bahwa versi prototipe ini memiliki sistem pengisian cepat melalui CHAdeMO.

Konsep bus Erga EV sendiri mungkin masih dalam tahap prototipe, namun Isuzu diperkirakan akan mengeluarkan versi produksinya tahun depan. Bus ini awalnya akan tersedia di Jepang, namun segera diterapkan ke pasar luar karena semakin banyak negara yang mengadopsi bus listrik.

Baca juga: Siapakah KG Mobility Si Pemakai Bodi Jetbus 5 Versi Listrik?

Baca juga: Ini Bus Listrik Terbaru Dari Isuzu