Satu Bus Butuh Berapa Banyak Pelapis Kursi Penumpang?

Satu Bus Butuh Berapa Banyak Pelapis Kursi Penumpang?
Bisa setara panjang ratusan meter
 

Inovasi bagi sebuah operator bus, baik di segmen pariwisata maupun reguler, salah satunya bisa terlihat pada desain kursi penumpang. Selain kelengkapan fitur seperti leg rest maupun soket untuk gawai, pemilihan pelapis bangku atau jok juga semakin jadi perhatian penumpang.

Karena pelapis kursi penumpang merupakan komponen yang akan berhubungan langsung dengan posisi duduk penumpang. Selain berkaitan dengan faktor kenyamanan atau ergonomis, secara visual juga akan banyak berpengaruh pada impresi penumpang selama di perjalanan.

“Kabin bus itu berkaitan langsung dengan kenyamanan yang akan didapatkan penumpang selama di perjalanan, buka Brand Manager MBtech Indonesia, Dana Iswanto, saat ditemui langsung beberapa waktu lalu (11/1).

Sejurus kemudian dijelaskannya lagi bahwa pemakaian satu jenis pelapis, juga warna maupun detail corak, bangku penumpang juga wajib selaras dengan desain kabin secara keseluruhan pada sebuah bus. Termasuk pemakaian jenis serta warna lampu kabin yang terpilih. “Enggak mudah sebenarnya untuk memadukan soal ini,” ungkap Dana.

Dicontohkan pada pemakaian pelapis kursi penumpang pada bus double decker milik Damri yang rilis Desember tahun 2023. “Pelapisnya memakai tipe Carrera, warnanya royal blue,” ujar pria jangkung itu.

Pemakaian tipe pelapis itu ada request tersendiri untuk detail pelapisnya yang tidak bermotif. Bagi pihak MBtech hal ini dimungkinkan untuk bisa dipenuhi, tentu saja dengan ‘syarat’ kuantitas produk.

Menurut Dana, jika berkaitan detail permukaan bahan maupun warna bisa dipenuhi dengan proses tunggu 3-4 minggu.

Kemudian dijabarkan lagi oleh pria yang sudah menjalani menggeluti bidang modifikasi kendaraan bermotor hampir tiga dekade itu untuk satu bus tipe standar seperti model SHD setidaknya butuh tiga roll bahan pelapis.

Satu gulungan atau roll pelapis kursi itu panjangnya paling tidak 35 meter.

Dipungkaskan oleh Dana bahwa untuk mendapatkan kesatuan konsep kabin sebuah bus wajib ada kolaborasi intensif dengan pihak karoseri, produsen kursi, maupun pemilik bus sendiri.

Baca juga: Dahsyat, Damri Rilis DD Pertama!

Baca juga: Keistimewaan Bahan MBTech Balut Jok Perforated Rimba Kencana

Jenis Carrera merupakan produk segmen premium