Ternyata Ini Yang Membuat Hino RM 280 Bisa Suosss….

Ternyata Ini Yang Membuat Hino RM 280 Bisa Suosss….
Sasisnya jenis space frame
 

 “Kami sangat senang melihat semakin banyaknya PO bus yang memilih sasis bus Hino, terutama RM 280 untuk armada terbarunya. Hal ini menunjukkan bahwa Hino terus dipercaya oleh pelanggan kami untuk memberikan produk dan layanan terbaik sebagai armada terbaru untuk menopang transportasi masyarakat,” ujar Santiko Wardoyo, sebagai COO-Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Uraian yang disebut Santiko dalam siaran pers resminya itu kemudian terarah pada sosok Hino RM 280 yang memiliki berbagai keunggulan. Sebut saja mesin kode J08E-WD 6 silinder dengan teknologi common rail yang bisa hasilkan tenaga 285 PS atau setara 281 daya kuda, dan torsi 85 kgm. Diklaim ini merupakan komposisi performa yang efisien sekaligus bertenaga untuk kondisi Indonesia.

Didukung juga transmisi MX07 7 percepatan yang kombinasi rasio giginya kini makin optimal untuk performa kecepatan tinggi dan efisiensi konsumsi bahan bakarnya. Selain itu, untuk menghadirkan kenyaman dan keamanan lebih baik, RM 280 ada kelengkapan Wide Air Suspension dan varian sistem pengereman ABS.

Sementara itu sasis jenis “space frame” dapat membuka aplikasi bodi yang lebih beragam.  yang mudah diaplikasikan untuk beragam model bodi. Seperti bagasi bus yang bisa dibuat tembus dari kanan ke kiri, sehingga daya angkut lebih banyak. Untuk fitur keselamatan Hino Bus RM 280 turut dilengkapi dengan varian pengereman ABS.

“Sasis Hino RM 280, lebih nyaman dan memiliki ketahanan yang sama dengan sasis Eropa untuk melintasi jalur Sumatera. Selain itu, dengan jaringan Hino yang tersebar dari Utara hingga Selatan, Kami merasa terbantu karena servis dan suku cadang tersedia sepanjang jalur Sumatera hingga layanan purna jual bus Hino mudah di dapat”, ungkap Ramaulina Saragih, owner Putra Simas Bengkulu.

Barisan operator yang baru saja menjatuhkan pilihan ke produk Hino semakin berderet. Untuk wilayah Sulawesi ada PO Adhi Putra, di wilayah Sumatera ada Transport Express, Ranau Indah, Putra Simas, maupun Vido Trans Nusa,Lampung.

Untuk wilayah pulau Jawa juga ad barisan operator Hino seperti 27 Trans, kemudian Akas Mila, Arimbi, Bagong, Dali Prima, Efisiensi, Eka, Garuda, Gunung Harta, Harapan Jaya, Haryanto, Jaya Utama, Juragan 99, KYM, Prima Jasa, Ramayana, Sinar Jaya, Subur Jaya, Tami Jaya dan   Tunggal Jaya.

HMSI sendiri menutup tahun 2023 sebagai market leader bus di Indonesia dengan lebih dari 60 persen market share. Selain RM 280, ada barisan lini produk Hino yang juga banyak diminati operator bus di Indonesia seperti AK240 dan juga RK280.

Baca juga: Penjualan Sasis Bus Akhir Tahun 2023, Mitsubishi dan Hino Penguasanya

Baca juga: Apa Itu Sasis ‘Space Frame’

Operator jalur regional Jabar-Jabodetabek-Banten banyak yang memanfaatkan sasis bus Hino