Toyota Bangun Bus Hidrogen Untuk Olimpiade 2024

Toyota Bangun Bus Hidrogen Untuk Olimpiade 2024
Sasis bus pakai buatan Iveco
 

Toyota Motror Corporation praktis memang belum ‘sepenuh hati’ ikut dalam percaturan kendaraan listrik murni. Pabrikan terbesar di Jepang ini nampak lebih setuju dengan konsterasi untuk mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen. Meskipun pengembangan kendaraan tenaga listrik tetap intensif dijalankan.

 Salah satu bukti kepiawaian Toyota dalam membangun kendaraan berbahan bakar hidogen dengan membantu CaetenoBus yang asal Portugal. Kali berupa sebuah bus yang akan dipakai untuk perhelatan Olimpiade Parus tahun 2024.

Memang proyek ini tidak membangun bus dari nol, sebagai langkah awal adalah melakukan retrofit untuk sepuluh unit bus kota buatan Iveco. Pihak Toyota akan memasok modul pengolahan daya berbahan bakar hidrogen melalui sebuah perusahaan bernama CGK. Perusahaan ini memang spesialis dalam penerapan teknologi tepat guna nol emisi untuk moda trasnportasi massal.

Untuk sepuluh unit bus tersebut nantinya akan dibeli pihak B.E Green, perusahaan asal Prancis yang juga spesialis kendaraan tanpa emisi. Nantinya armada tersebut akan juga dipakai untuk kendaraan regular dan sremonial lainnya seputaran Prancis.

Untuk konversi kali ini akan menggantikan mesin diesel dan paket transmisinya dengan motor listrik 370 kW, baterai, dan modul fuel cell TFCM2 buatan Toyota.

Dalam siaran pers resminya, Thiebault Paquet selaku Vice President Toyota Motor Europe, Hydrogen Factory menyebutkan”Proyek konversi untuk bis kali ini merupakan langkah penting bagi dunia transportasi massal yang netral karbon.”

Baca juga: Kabin Bus Nyaman Ala Toyota

Baca juga: Israel Bisa Juga Bikin Bus