Isuzu Traga 'Fruit Truck', Bagi Yang Ingin Punya 'Pasar Berjalan'

Isuzu Traga 'Fruit Truck', Bagi Yang Ingin Punya 'Pasar Berjalan'
Besutan karoseri Bogor
 

 PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) bekerja sama dengan perusahaan spesialis buah-buahan, Sunpride, menghadirkan Isuzu Traga Fruit Truck di Hall 3 arena GIIAS 2023. Pikap ini hadir untuk menjadi contoh kreativitas bagaimana menyajikan bisnis selaras dengan gaya hidup sehat lewat sajian menu buah-buahan.  

Isuzu Traga ini berkonsep 'pasar berjalan' ala tukang sayir keliling, mendatangi konsumen secara ' jemput bola', kapan pun serta dimana pun. “Konsep kolaborasi ini memang kita adakan untuk mempelajari market ini, melalui kegiatan pameran GIIAS. Dari Isuzu sendiri, kami menggunakan Isuzu Traga sebagai based konsep fruit truck lantaran nilai kendaraan ini cocok baik kapasitas maupun kebutuhan mobilitas customer,” kata Arvin Sumbung, Dept Head Marketing Strategy Management PT IAMI.

Proporsi standar Isuzu Traga sebagai kendaraan niaga yang handal memang cocok untuk berbagai lini usaha. Modal pertama ialah dimensi kargo yang diklaim terluas di kelasnya, untuk memaksimalkan muatan. Traga Fruit Truck dibangun oleh karoseri Delima Mandiri, Bogor, memiliki dimensi kargo sepanjang 2,9 meter, lebar 1,75 meter dan tinggi 1,8 meter. 

Bodi depan Traga ini nyaris tanpa ubahan berarti. Transformasinya baru kentara di bagian belakang lewat kombinasi pintu bak yang membuka ke bawah dengan pintu sisi kiri berukuran besar yang bisa dibuka ke atas. Alhasil bagian dalam bak dengan karoseri tertutup ini bisa dijejali beragam muatan untuk jualan. Mulai dari rak susun serta gantungan untuk menempatkan buah, kulkas, bahkan juga timbangan. 

Area buritan didesain Delima Mandiri memiliki pintu dan food step sebagai akses masuk bak belakang untuk kemudahan penempatan barang. Sementara di sisi kanannya nampak tertutup berhiaskan stiker promo warna khusus khas Sunpride namun ditambah soket khusus untuk mengisi daya listrik tanpa perlu menyalakan mesin.

“Traga ini memang sangat cocok digunakan sebagai kendaraan penunjang bagi para pelaku bisnis, terlebih lagi saya sebagai karoseri juga mempercayakan produk Isuzu jika ada permintaan customer untuk membuat food truck atau sejenisnya, karena desain bentuk kabin serta panjang sasis yang sangat memungkinkan bagi karoseri membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan customer” terang Albertus Whitney, Executive Director Delima Mandiri.

Desain 'lapak' yang ergonomis membuat gerak selama bertransaksi jadi lebih leluasa

Pintu belakang bisa jadi akses ke 'gudang'

"Kalau untuk karoserinya saja, kosongan tanpa kelengkapan interior Rp 90 juta. Tapi yang sudah jadi versi fruit truck ini lengkap biayanya Rp 160 juta," ungkap Junaedi, salu wiraniaga Isuzu Traga Fruit Truck di GIIAS 2023 (11/8).  

Selain dimensi kargo yang luas, hal lain yang menjadi keunggulan Isuzu Traga ialah performa mesin yang tangguh dan efisien. Traga dibekali mesin diesel 4JA1-CR berkapasitas 2.500cc in-line 4, Direct Injection lengkao dengan  VGT turbo intercooler telah teruji mampu memberikan tenaga yang optimal, bahkan dalam kondisi beban penuh. 

Keluaran tenaganya mencapai 78,9 dk mulai putaran mesin 3.500 rpm dan torsi mencapai 191,2 Nm mulai putaran mesin 1.800-2.400 rpm terhubung ke transmisi manual 5 percepatan. Dan meski berukuran "Superior" dibanding para rival, Isuzu Traga diklaim tetap mampu diajak bermanuver lincah. Pikap ini memiliki radius putar yang kecil, lebih kurang 4,5 meter sehingga memudahkan misalnya saat hendak putar balik arah atau bahkan bermanuver melewati jalan sempit.

Penunjang kenyamanan berkendara lainnya, pada Isuzu Traga Pick Up FD ataupun Isuzu Traga Box dilengkapi dengan blower guna meningkatkan sirkulasi udara di dalam kabin. Juga ada audio bluetooth, sabuk pengaman yang retractable hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan) saat kondisi darurat.

Ada soket daya yang bisa terhubung dengan listrik rumahan maupun genset kecil, tidak perlu menyalakan mesin saat berjualan 

Baca juga : Isuzu Elf NMR M Klinik Tawarkan Cek Kesehatan Gratis di GIIAS 2023

Baca juga : Delima Jaya Ubah Truk FAW FD290TH 6x4 Jadi Bus Tambang di Morowali