Nissan Frontier Paling Bengis Campur Tangan Nismo 

Nissan Frontier Paling Bengis Campur Tangan Nismo 
Pakai upgrade part Nismo
 

Nismo ternyata tak hanya piawai meracik mobil berbasis sedan, karena buktinya mampu dalam merombak sebuah Nissan Frontier jadi kendaraan off-road gahar. Mobil ini memang dipersiapkan  khusus untuk berkompetisi di kelas stok NORRA 500 yang akan start dari Baja California lalu dilanjutkan juga untuk tampil di event SEMA Show, Las Vegas. 

Untuk terjun di ajang reli off-road NORRA 500, sederet ubahan diterapkan pada bodi, kaki-kaki hingga mesin sang Frontier. Dibawah kemudi Chris Forsberg, mobil ini nampak kekar memasok wide bodykit custom mulai fender dan bak belakang berbahan serat karbon, juga pada kap yang berbahan karbon. Part tersebut dipasangkan agar selaras dengan suspensi Frontier kini yang lebih lebar karena sudah mengadopsi lower control arms, spindles depan, hub roda serta poros belakang dari Titan

Suspensi Frontier ini dilengkapi upper control arm baru dan sok Bilstein, ditambah paket per daun belakang baru dengan sok reservoir eksternal Bilstein. Perubahan ini membantu meningkatkan ketinggian pengendaraan dan kapasitas muatan. Upgrade lainnya termasuk aplikasi velg beadlock NISMO Axis Truck ukuran 17 inci dibalut ban Yokohama Geolander M/T G003 ukuran 295/70 R17, plus livery keren Forsberg Racing.

Pakai velg beadlock NISMO Axis Truck 17 inci dibalut ban Yokohama Geolander M/T G003

Selain itu, pada bagian atap Frontier ini dijejali penerangan ekstra, dan winch Warn. Bagian prototipe meliputi bemper depan, rock slider, roof rack, dan bed wheel carrier. “Tim Forsberg Racing siap meraih kemenangan dengan mesin tangguh ini, menggabungkan kemampuan luar biasa dari Nissan Frontier dengan upgrade yang ditargetkan pada suku cadang NISMO Off Road,” kata Chris Forsberg. “Tidak ada uji langsung performa yang lebih baik untuk kendaraan yang dibuat khusus ini selain di NORRA 500,” tambahnya.

Mobil ini sendiri dibangun berbasis pada Nissan Frontier 2022 yang didesain ulang dan menampilkan mesin V-8 berkapasitas 5.600cc. Ini adalah mesin yang sama di Nissan Armada dan Titan yang diklaim menyimpan potensi tenaga 400 hp.  Meskipun ada sederet upgrade, pikap kabin ganda ini tetap bisa bersaing di kelas kendaraan stok NORRA 500, yang berlangsung dari 19 hingga 22 Oktober. Reli off-road ini dihelat dua hari mulai dari Ensenada dan berlangsung ke San Felipe, di Laut Cortez, sebelum kembali finis di pantai Ensenada.

Sementara itu Nissan mengatakan Frontier ini hanyalah babak terbaru dalam kisah balap off-roadnya. Pada tahun 1980-an, Nissan membalap dan menang di Baja 1000, Mint 400, dan Gold Coast 300 dengan truk Hardbody asli yang baru-baru ini diberi penghormatan dengan Frontier Hardbody Edition.

Mesin V8 berkapasitas 5.600cc bertenaga 400 daya kuda

Setelah menyelesaikan balapan, baik truk balap off-road Forsberg Frontier, maupun pengemudinya yakni Chris Forsberg, tidak akan punya banyak waktu untuk beristirahat. Keduanya akan berangkat ke Las Vegas untuk menghadiri SEMA show pada 31 Oktober hingga 3 November 2023. Pikap kabin d tersebut dalam kondisi siap balapan, namun pengemudinya diperbolehkan mandi.

Selain Frontier tersebut, Nissan berencana menghadirkan sejumlah kendaraan konsep ke SEMA tahun ini. Detail mobil-mobil konsep Nissan untuk SEMA baru akan diekspos lebih jauh menjelang dimulainya event SEMA tersebut. 

Baca juga: Tak Disangka, 50 Tahun Lalu Nissan Sudah Membuat Pikap Listrik

Baca juga: Ini Bedanya Toyota Hilux GR Sport Versi Indonesia dan Australia