Sejarah Pikap : Dari Sekadar Pengganti Gerobak Hingga Pendukung Gaya Hidup

Sejarah Pikap : Dari Sekadar Pengganti Gerobak Hingga Pendukung Gaya Hidup
Pikap atau di sebagian belahan dunia lain menyebutnya Pickup Truck, menjadi kendaraan serbaguna dari dulu hingga kini.
 

Pikap, tak sekadar alat pengangkut, namun merambah ke gaya hidup masyarakat modern, dengan jenis double cabin, yang cukup banyak dibuat oleh beberapa pabrikan. Bahkan berkembang ke kendaraan listrik, seperti Rivian R1T, GMC Hummer EV, maupun versi yang seolah menjadi 'halusinasi', Tesla Cybertruck yang tak kunjung diproduksi.

Tetapi, seperti apakah sejarah kendaraan serbaguna ini? Kita kembali ke beberapa abad yang silam. Pikap pertama yang tercatat dalam sejarah adalah pikap bermesin pembakaran dalam, Gottlieb Daimler dari Jerman, pada 1896. Bentuknya seperti gerobak pengangkut jerami dengan mesin di belakangnya.

Sedangkan di Amerika Serikat, yang saat ini memiliki populasi pikap terbesar dunia, ketika itu masih banyak yang membuatnya sebagai 'home made' atau karya rumahan, dengan memodifikasi Ford Model T, yang ketika itu mulai banyak di tahun 1908. Mereka menggunakan kayu Oak untuk membuat bak di belakangnya, dengan gabungan rangka besi yang dibuat pandai besi ketika itu.

Menjelang akhir Perang Dunia I, kebutuhan akan pikap (light truck) meningkat. Ransom E Olds, membuat REO Speedwagon, sementara Ford membangun jalur produksi pembuatan Model TT,begitupun dengan Chevrolet yang membuat pikap di pabriknya. Detroit, yang menjadi markas beberapa pabrikan mobil itu menjadi pabrik 'kuda' modern di zamannya.

REO Speedwagon

Selama beberapa dekade, pikap adalah kendaraan yang sangat sederhana. Rangka dengan mesin, dilengkapi dengan kabin dan bak di atasnya, plus empat roda. Sesimpel itu.

Setelah Perang Dunia II, seiring berkembangnya teknologi, memberikan peluang baru bagi pertelevisian dan periklanan. Di situlah pikap mulai mengisi kehidupan manusia dari sisi yang baru. Beberapa film di Amerika, seperti Gunsmoke, Bonanza dan Wagon Train, mengisi sanubari pemirsa dan menyaksikan pikap menjadi sebuah gaya hidup.

Begitu pula dengan dunia periklanan, yang mengedepankan lelaki bertopi lebar dengan pikap yang terkesan gagah sebagai kendaraan pemilik perkebunan yang sukses di Negeri Paman Sam. Berbagai kegiatan pun tampak dilakukan dengan pikap, seperti menarik perahu, camper maupun tetap sebagai alat angkut. Bahkan sebuah iklan, menampilkan kekuatan Ford saat mendaki di pegunungan sambil mengangkut pikap Chevrolet di atasnya!

Chevrolet S-10 (1982-1990)

 

Dari sana gaya hidup berpikap pun berlanjut, dengan dukungan dari pabrikan yang semakin jelas membuat klasifikasi tipe pada varian pikap. Seperti kode LT, EXT atau menggunakan urutan dalam abjad, seperti C, D, F atau dengan kode lain seperti GT, GT-R, juga melalui angka seperti 1000, 1500, 2500 dan sebagian pun menggunakan nama berbeda, seperti Ram, Raptor, Gladiator, Rampage.

 

Ford F-150 Raptor

 

Lebih dari tiga juta pikap terjual di Amerika Serikat tahun lalu. Mulai dari pikap untuk perkebunan, peternakan, pertambangan, juga kendaraan di perkotaan dari yang serbaguna hingga 'tak ada guna', seperti sekadar menjadi pikap balap atau untuk kepentingan atraksi.