Renault Makin Serius Di Segmen Truk Listrik

Renault Makin Serius Di Segmen Truk Listrik
Target tahun 2030 ada separuh lini produk truk Renault tenaga listrik
 

Solutrans 2023 (21—25/11) merupakan perhelatan akbar untuk kendaraan ramah lingkungan kelas dunia. Ajang di kota Lyon, Prancis ini dihadiri hampir semua pabrikan kendaraan dunia, baik yang spesialis tenaga listruk maupun yang memang punya lini produk nihil emisi.

Salah satunya Renault Truck yang menghadirkan perdana versi produk massal seri “T E-Tech” dan “C E-Tech”. Untuk seri T merupakan truk kebutuhan militas jarak sedang maupun jauh. Sedangkan seri C khusus untuk kebutuhan di bidang konstruksi.

Niatan Renault ini diklaim seiring dengan ambisi mereka untuk melakukan produksi truk listrik untuk berbagai kebutuhan. Mulai daei yang bertonase 3 tn sampai yang 26 ton. Dan sejak tahun 2020 pabrikan yang juga bermarkas di kota Lyon ini sudah intensif memasarkan truk tenaga listrik.

Untuk spesifikasi dasar, kedua varian truk baru ini  masing-masingnya ditenagai tiga motor listrik yang bisa hasilkan daya sampai 490 kW atau setara 666 daya kuda. Didukung transmisi canggih punya Renault yang bernama Optidriver.

Sebagai penyimpan daya disediakan empat sampai enam paket baterai lithium-ion dengan kapasitas 360-540 kWh. Paket baterai ini bisa diisi daya penuh setelah proses isi selama 9,5 jam dengan tegangan AC sampai 43 kW. Bisa juga pakai opsi isi ulang daya selama satu jam dengan opsi fast charge  tegangan DC sampai 250 kW.

Pasokan daya tersebut diklaim akan mampu mendorong laju truk sampai 300 kilometer sekali isi daya. Jika dilakukan isi ulang daya secara fast charge akan mampu mendorong laju truk dengan bobot 44 ton ini sampai 500 kilometer.

Karena truk ini juga akan bisa memenuhi kebutuhan operasional multi segmen, ada sejumlah fitur yang bisa membuat kedua varian truk bekerja secara maksimal. Salah satunya ketersediaan fitur power take-off (PTO) secara electric, electromechanical, atau via gearbox. Dengan begitu memungkinkan dipakainya truk ini, misalnya untuk dump truck, pemadam kebakaran, dan berbagai kebutuhan operasional di lapangan lainnya.  

Hal itu masih ditambah plihan gerak roda; 4x2 dan 6x2 sebagai head tractor, lalu ada juga yang 8x4.

Baca juga: Hino Profia Z FCV dan Dutro Z EV Muncul Perdana

Baca juga: Detail dan Wujud Asli Truk Isuzu Giga Fuel Cell

Varian T C-Tech, untuk area konstruksi