Toyota Dyna Route Van, Mirip Kreasi Karoseri Lokal

Toyota Dyna Route Van, Mirip Kreasi Karoseri Lokal
Ternyata konsep sejenis minibus di Jepang juga ada. Seperti Toyota Dyna Route Van ini. Tapi ini bukan garapan karoseri, melainkan langsung dibuat oleh Toyota
 

Di Indonesia, kendaraan penumpang berbasis truk ringan mudah ditemui. Semisal Isuzu Elf yang jadi feeder di Trans Semarang.  Bodi minibus tersebut merupakan garapan karoseri lokal.

Ternyata konsep sejenis di Jepang juga ada. Seperti Toyota Dyna Route Van ini. Tapi ini bukan garapan karoseri, melainkan langsung dibuat oleh Toyota dan ditawarkan lewat dealer Toyopet Saitama dengan harga sekitar Rp 449 jutaan.

Perbedaan dari minibus di Indonesia, Dyna Route Van memang dirancang sebagai mobil barang. Sehingga meski memiliki bodi layaknya mobil penumpang, tapi tak disediakan bangku. Hanya kabin depan yang mampu menampung tiga penumpang saja.

Karena dibuat sebagai mobil kargo, maka Dyna Route Van dirancang dengan kompartemen bagasi yang memiliki ruang besar.  Selain itu, pintu belakang mengadopsi tipe ganda yang memungkinkan bongkar muat yang efisien tergantung pada situasinya. Sedangkan bagian sampingnya ada pintu geser berbukaan lebar.

Dyna Route Van diklaim mampu mengangkut beban hingga 1,25 ton. Kabin belakang memiliki panjang 3,190 mm dengan lebar 1.570 mm dan tinggi 1.325 mm. Sehingga cukup untuk membawa barang sekelas furnitur besar, semacam sofa atau lemari.

Untuk fitur keselamatan, ada dual SRS Airbag dan rem ABS. Sedangkan mesinnya bertipe diesel 3.000 cc, bertransmisi manual, dengan klaim konsumsi BBM 11,6 km perliter.