Bocoran Lengkap 5 Bus Tentrem Untuk GIIAS 2023

Bocoran Lengkap 5 Bus Tentrem Untuk GIIAS 2023
Dua model siap jadi andalan
 

Karoseri Tentrem mengambil langkah berbeda dibanding dua kompetitornya yakni Laksana dan Adiputro terkait keberangkatan unit untuk dipamerkan di GIIAS 2023. Jika bus-bus Laksana dan Adiputro cukup disamarkan dengan stiker kamuflase, maka unit bus Tentrem tampil tanpa mode penyamaran sedikitpun.

"Untuk kamuflase tidak, karena memang tidak ada yang benar-benar baru mas di eksterior, kecuali double decker. Tapi inipun juga tidak kita tutup," kata Nugroho selaku tim marketing Tentrem saat dikonfirmasi langsung bus-truck (7/8). 

Nugroho memberi informasi jika Tentrem akan memajang 5 unit bus di booth mereka yang berada di Hall 2C GIIAS 2023. Kelimanya ialah dua unit Grand Captain berbasis Volvo B11R (Avante H9) dan Volvo B8R (Avante H8 facelift), satu unit double decker Avante D2 facelift menggunakan sasis Scania K410CB 6x2*4. Lalu dua unit Hino RM280 yang juga digenapkan bodi bus Avante H8 facelift.

Avante H8 'facelift' pakai sasis Volvo B8R 

Dari kelima bodi bus tersebut Grand Captain Avante H8 facelift dengan sasis Volvo B8R akan jadi tolok ukur baru. Hal ini lantaran klaim Tentrem yang pertama kali menggunakan sasis premium tersebut di Indonesia. Jadi suksesor B7R, Volvo B8R merupakan sasis 4x2 dan didukung berat operasi maksimum kendaraan (GVW) hingga 17,5 ton. 

Adapun bodi yang bisa dijejali ke sasis ini berukuran panjang 12 meter dan lebar 2,5 meter. Untuk jantungnya, B8R memakai mesin Volvo D8A enam silinder segaris bertenaga 330 dk dan torsi sebesar 1.200 Nm. Tenaga tersebut tersalur ke roda belakang via transmisi otomatis ZF 6AP1200C. 

Scania K410CB-6×2*4 tampil dengan bodi Avante D2

Volvo B8R Euro 5 sudah dilengkapi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk memperoleh emisi gas buang yang rendah. Sistem kerja SCR dengan menyemprotkan cairan AdBlue ke gas buang untuk meminimalkan emisi serta gas beracun agar lolos standar emisi Euro 5.

Tidak kalah menggoda tentu kehadiran si "jangkung" Scania K410CB-6×2*4 yang dibenamkan bodi Avante D2 facelift. Sasis ini didesain untuk transportasi publik dengan panjang 13,5 meter. Mesin yang digunakan diklaim ramah lingkungan, dan dapat menggunakan bahan bakar hingga B100 Biodiesel dengan kapasitas 13.000 cc, sehingga konsumsi bahan bakarnya pun rendah. Juga sudah disematkan teknologi SCR.

Mesinnya Scania K410CB ini menggunakan transmisi Opticruise yang membuat manuver membelok serta berbagai gerakan bus di jalan semakin lembut. Saat harus mengubah kecepatan pun perpindahan giginya akan terasa lebih halus. Selain itu bus ini dilengkapi dengan Scania Fleet Management (FMS), sistem monitor real time, yang bisa diakses di situs Scania ataupun aplikasi mobile. Selain tambahan "Scania Driver Support" yang memberi saran pada pengemudi agar bisa mengemudi lebih aman dan efisien. 

Hino RM280 berjubah Avante H8 'facelift'

Hal menarik lain ialah, seluruh bus Tentrem di GIIAS dilabur stiker unik nan atraktif bertema Nusantara. "Jadi keywords kita tahun ini, Bebas menjelajah Indonesia," tambah Nugroho. Stiker berdesain unik yang merepresentasikan 5 pulau besar di Indonesia ini sukses bikin bus-bus produksi Tentrem jadi beda. "Konsep (stiker) ini dari internal kita semua mas. Jadi tahun ini kita bawa 5 unit dan sengaja kita branding lima kepulauan besar yang ada di Indonesia," tandasnya. 

"Jadi dengan adanya pameran otomotif berskala internasional ini kami berusaha memperkenalkan diri dengan segala teknologi dan innovasi yang kami punya," tutup Nugroho.

Baca juga : Nah, Inilah Bodi Baru Laksana Di GIIAS 2023

Baca juga : Bos Adiputro Konfirmasi Kebenaran Soal Jetbus 5 Dan PO Pertama Yang Memakainya