Bus Listrik Asal Vietnam Akan Tampil Perdana di IIMS 2024

Bus Listrik Asal Vietnam Akan Tampil Perdana di IIMS 2024
Pemain baru bus listrik yang agresif
 

Sebagai calon pemain baru di industri otomotif tanah air, VinFast tidak hanya akan menghadirkan kendaraan penumpang melainkan pihaknya juga akan memperkenalkan kendaraan komersial pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

"Kami akan memamerkan bus listrik VinBus di kawasan Outdor IIMS 2024," kata Direktur Penjualan dan Jaringan PT VinFast Automobile Indonesia, Surachman Nugroho dalam keterangan resminya (29/1), seperti dikutip dari Antara.

Menurut Surachman, dimensi yang dimiliki VinBus ini hampir sama dengan ukuran yang ada apad umumnya bus Transjakarta yang saat ini sudah beroperasi di wilayah Jakarta.

Dijelaskan lagi oleh Surachman bahwa VinBus yang merupakan besutan dari VinBus Ecology Transport Service Limited Liability Company yang sudah muncul pada tahun 2021. Hasil produksi unit pabrik mereka di Vinhomes Ocean Park (Gia Lam).

Diklaim oleh Surachman bahwa bus listrik asal Vietnam kali ini punya karakter spesial soal kenyamanan. Selain itu ada fitur yang dapat mengontrol perilaku para pengemudi dan juga terdapat sebuah teknologi yang dapat memberikan peringatan bahaya.

Bus listrik ini juga sudah memiliki teknologi atau mode penurunan otomatis tubuh kendaraan yang sangat cocok untuk penumpang orang tua, anak-anak, difabel, wanita hamil, pun dilengkapi jaringan wifi gratis hingga layar hiburan.

VinBus ini hadir dengan perbekalan yang cukup untuk dijadikan kendaraan transportasi umum. Pasalnya, transportasi umum bebas emisi ini hadir dengan baterai berkapasitas 281 kWh dengan jarak tempuh 220-260 kilometer. Bus ini juga sudah mengadopsi pengisian cepat yakni hanya butuh waktu dua jam, baterai akan terisi penuh.

Baca juga: DKI Rilis Lima Bus Khusus Penumpang Disabilitas

Baca juga: Angkutan Massal Di Depok Semakin Tertata Dengan BTS