Bocoran Lengkap 9 Bus Adiputro vs 6 Bus Laksana di GIIAS 2023

Bocoran Lengkap 9 Bus Adiputro vs 6 Bus Laksana di GIIAS 2023
Keduanya menempati booth yang saling berhadapan
 

Kali ini Hall 2 dan 3 di hajatan GIIAS 2023 bisa jadi lebih semarak dibandingkan Hall lain yang berisi barisan mobil penumpang, bagaimana tidak area khus kendaraan komersial ini akan jadi wahana konsumen maupun pecinta dunia otomotif soal sinergi antara kreativitas anak bangsa dengan platform otomotif kelas dunia. Hadir tiga raksasa karoseri yaitu Adiputro, Laksana dan Tentrem yang unjuk diri soal kemampuan mereka membuat desain kendaraan komersial berstandar dunia. 

Terlebih sejak pekan lalu, muncul beragam spekulasi soal karya dari dari ketiga karoseri tersebut yang akan tampil selama sepuluh hari di arena ICE, BSD, Tangerang. kali ini ada panduan lagi untuk bisa mengetahui para bintang di area Laksana dan Adiputro.

Adiputro bakal menghadirkan sembilan bus, dengan enam diantaranya diprediksi menggunakan bodi bus baru Jetbus 5 series sebagai penerus Jetbus 3. "Betul sekarang Jetbus 5" kata David Jethrokusumo lewat pesan singkat ke Bus-Truck.id (2/8). Bodi bus Jetbus 5 sendiri diproyeksi berubah secara revolusioner dari segi tampilan dibanding model sebelumnya dengan persiapan paling fundamental. "Ada sasis yang memang sudah siap untuk produksi Jetbus 5," ungkap David lagi.

Adapun enam bus Adiputro berjubah Jetbus 5 ini terdiri dari Medium Bus Jetbus 5, Sleeper Bus Dream Coach Jetbus 5, Jetbus 5 MHD Single Glass, Jetbuss 5 SHD Double Glass, Jetbuss 5 SHD Single Glass, dan Jetbus 5 SDD Volvo B11R. Sementara tiga bus Adiputro lainnya merupakan bus listrik, minibus Isuzu Trans Semarang dan Jetbus Big Benz terbaru. 

Desain baru Jetbus 5 secara keseluruhan dipastikan bakal menjadi magnet khusus pemikat booth Adiputro. Misalnya saja dari sosok medium bus Jetbus 5 yang pada area fascia menampilkan sentuhan baru berupa desain headlamp yang diposisikan menjadi dua bagian yang terpisah sebagaimana tren bus kekinian. Sementara area samping, secara tegas menyamarkan "selendang" dan tarikan garis pada kaca samping bagian depan hingga ke belakang. Hanya saja pada bagian buritan, detailnya masih belum kentara. Tampilan belakang bus secara utuh terlihat hanya menyisakan sedikit ruang pada lampu rem.

Sementara itu line-up Laksana terdiri dari Medium Bus All New Tourista, Legacy SR3 Ultimate Hino RM280, Legacy SR3 Ultimate Volvo B11R, SR3 Suites Combi Bus Hino RM280, SR3 Double Decker Volvo B11R, dan SR3 Double Decker Scania K410 Euro 5. Dari enam produk tersebut yang dikonfirmasi mengusung tampilan baru ialah bus ukuran besar dan satu unit bus ukuran sedang sebagai bagian rilisan desain baru Laksana yang rutin dikeluarkan setiap tiga tahun.
         

Bagi pengunjung yang penasaran, bisa menyambangi booth Adiputro di hall 2A. Sementara booth Laksana akan tepat berada di depannya menempati hall 2D. Terlebih kedua karoseri raksasa tersebut menggelar berbagai lomba khusus bagi pengunjung dan busmania sepanjang keiikutsertaan mereka di GIIAS 2023.

Baca juga : Bocoran Lengkap 5 Bus Tentrem Untuk GIIAS 2023

Baca juga : Morodadi, Karoseri Tertua di Malang?

Booth Laksana di tanggal 8 Agustus 2023, dua double decker bakal jadi 'bintang'

Wilayah Adiputro di GIIAS 2023 paling besar, buat semarakan Perayaan Setengah Abad Adiputro