R22 Vision 8 Touring : Varian Baru New Armada Skylander

R22 Vision 8 Touring : Varian Baru New Armada Skylander
Single glass ‘tertinggi’ saat ini
 

Bisa dibilang Skylander kreasi karoseri New Armada sempat sedikit terhalang popularitasnya dengan keberadaan Jetbus 5 dari Adiputro maupun SR3 racikan karoseri Laksana. Namun dalam enam bulan terakhir populasinya merangsek.

Semakin banyak operator bus di wilayah pulau Jawa, Sumatera, maupun Sulawesi yang membesut desain yang merupakan evolusi dari model Highlander itu.

Skylander generasi pertama tahun 2020

Kaca depan lebih tegak, opsi single glass bikin pandangan dari kabin ke depan lebih lega

Kowel belakang versi R22 secara desain tidak banyak berubah, hanya berbeda dalam hal detail aksesori saja

Sekilas, seperti namanya, Skylander memang punya ‘kuncian’ desain pada bagian depan yang terbilang berpotensi paling lega visibiltasnya. Bisa dilihat sejak muncul perdana di ajang BusWorld 2019, area kaca depan bagian atas lebh melengkung dibanding desain bodi sekelasnya.

Jika tidak mengadopsi fitur “double glass” bisa dipastikan kalau celah pandang pengemudi maupun penumpang Skylander adalah yang paling lega.

Bisa jadi itulah yang kemudian membuat karoseri yang mermarksa di Magelang, Jawa Tengah, ini kemudian merilis varian baru dengan fitur “single glass” di ajang BusWorld 2024 yang dihelat di JiExpo Kemayoran, Jakarta (15-17/5).

Mengambil desain yang berbeda dibandingkan variaan Skylander lainnya, pada varian baru kali ini kontur kaca depannya lebih tegak. Selain itu, aksen ‘selendang’ yang tadinya terbentang sampai ke bagian roof kini diposisikan hanya sampai bagian bawah kaca penumpang.

Kondisi serupa juga nampakn ada varian baru lain dari Skylander, Aero 8 Fusion, ‘selendang’ malah tinggal segaris dengan duduk kaca spion.

Pengurangan area ‘selendang’ itu nampaknya untuk menambah luas sudah pandang penumpang.

Selendang baru 'terpotong' lebih dari separuh sebagai kompromi untuk memperluas pandangan penumpang

Selendang pada varian 8 Fusion bahkan 'dihilangkan'

Secara prinsip, desain bodi Skylander bisa diadopsi pada dua pilihan panjang; 12 meter atau 13,5 meter. Untuk yang spesifikasi bodi 12 meter bisa digendong oleg sasis dengan GVW 15-16 ton. Sementara pilihan yang 13,5 meter hanya bisa ditumpangkan pada sasis ‘tronton’.

Selain itu, desain Skylander bisa dipadankan pada dua pilihan bodi; Super High Deck (SHD) dan High Deck (HD). Ketinggiannya bisa mencapai 3,9 meter.

Baca juga: Bus Skylander dari Karoseri New Armada Siap Premier di Busworld 2019

Baca juga: New Armada Rilis 5 Bus Baru Pesanan PO Arimbi

Lampu indikator ketinggian sudah masuk di dalam kabin

Bagasi tembus dengan pemakaian sasis 'space frame'

Model Skylander juga punya varian Double Decker