Renault Bento: Van Paling Kecil Di Dunia?

Renault Bento: Van Paling Kecil Di Dunia?
Tampilannya termasuk stylish
 

Bento, begitu namanya, kreasi terbaru dari perusahan asuhan Renault yang bernama Moblize. Tampil perdana di gelaran Solutrans 2023 di kota Lyon, Prancis (21-25/11). Secara teknis merupakan kendaraan komersial yang bertenaga listrik. Sementara pihak Renault sendiri menyebutnya sebagai microvan dengan kelengkapan boks cargo di belakang kompartemen penumpang.

Bento sendiri jika menilik maknanya sebagai satu kotak yang terdiri dari beberapa sub kompartemen untuk diisi berbagai menu makanan yang dahulu biasa dibawa oleh petani ataupun pedagang saat bekerja.

Mengambil makna tersebut kemudian diadaptasi oleh Mobilize yang memang spesialis bidang mobility, energy, dan data-related services sehingga hasilkan kendaraan yang serbaguna, emisinya netral, dan tentu saja mudah dikendarai.

Salah satu temuan riset Mobilize soal pemakaian kendaraan, khususnya kendaraan komersial, yaitu waktu parkir ternyata memakan waktu 90 persen dari keseluruhan waktu operasional. Tentu saja hal ini membuat perbedaan yang jauh antara harga kendaraan per unit dibandingkan kebutuhan operasionalnya.

Lebih lanjut dari temuan yang sama didapati bahwa ‘tingkat pencemaran’ sebuah kendaraan operasional tidak bisa turun sampai separuhnya sekalipun setelah pembelian. Disinilah titik awal Mobilize membuat konsep kendaraan komersial yang bisa memaksimalkan waktu operasional sembari memudahkan mobilitas operator dan barang bawaannya. Tentu saja tetap berunsur ramah lingkungan.

Baca juga: DFSK Gelora E VIP Luxury, Van Listrik Termewah?

Sisi kanan dan kiri pengemudi bisa muat barang tambahan 

Van cilik ini sebelumnya pernah juga tampil di Paris Motor Show 2022 dengan nama “Duo”. Secara bodi tidak banyak berubah, panjangnya 2,4 meteran, lebarnya sekitar 1,3 meter, dan tinggi di angka 1,4 meter.

Jika mengacu pada satu slot parkir standar Eropa yang lebarnya 2,4 meter dan panjang 4,8 meter maka itu bisa dipakai memarkir tiga unit mobil mini secara vertikal.

Setiap unitnya, pada kabin bisa diisi dua orang, Motor listrik 400 kW penggeraknya jadi satu modul dengan roda belakang. Ada dua varian motor listrik, versi “45” memungkinkan van ini dikemudikan pengemudi yang berusia mulai 14 tahun, kecepatan puncaknya 45 km/jam.

Versi “80” membuat mobil ini bisa melaju secepat 80 km/jam, untuk standar Eropa boleh dikemudikan pengemudi yang berusia minimal 18 tahun. Dan keduanya diklaim bisa melaju sampai 140 kilometer usai isi daya penuh.

Sebagai kendaraan angkut ringan, Bento dilengkapi boks berkapasitas 700 liter. Kemudahan akses boks ini dijamin lewat ‘pintu’ kembar yang bisa terbuka secara asimetris. Kalau boks masih juga belum cukup masih ada sisa ruang kecil di sisi kanan dan kiri pengemudi di kabin.

Boksnya sendiri juga bisa diatur tata letaknya sesuai kebutuhan.

Mulai tahun depan bento, dan juga Duo yang versi ‘penumpang’, sudah bisa dibeli dengan catatan setirnya di sebelah kiri.

Baca juga: Van Tenaga Listrik: Banjir Di 2024

Baca juga: Ini Kembaran Honda N-Van EV Yang Baterainya Bisa Dilepas Pasang

Sangat hemat ruang parkir, satu slot muat tiga mobil 

Renault Duo, varian penumpang dari Bento