Rival Mercedes-Benz Sprinter Jadi Studio Rekaman Berjalan

Rival Mercedes-Benz Sprinter Jadi Studio Rekaman Berjalan
Berbasis Renault Master
 

Renault memiliki satu amunisi gagah yang siap berhadapan dengan Mercedes-Benz Sprinter. Model tersebut ialah Renault Master. Menariknya, Renault baru saja merilis Master custom yang dirombak area kargonya menjadi studio rekaman berjalan dengan nama The Sound Truck. 

Area kargo Renault Master ini sekarang berubah menjadi ruang rekaman plus ruang kontrol dengan semua peralatan yang diperlukan. Renault Sound Truck bespoke diciptakan dengan tujuan membuat produksi musik profesional bisa mudah diakses oleh lebih banyak artis dan telah diluncurkan di Prancis.

Salah satu alasan mengapa The Sound Truck dipilih berbasis pada Renault Master, lantaran ia merupakan kendaraan komersial ringan terbesar yang tersedia di line-up Renault. Namun, dengan berat kotor maksimum sekitar 3,5 ton dan batasan ukuran kompartemen kargo yang wajib dipatuhi membuat proyek konversi ala studio rekaman menjadi tantangan yang sulit. 

Bagian tersulit ialah membuat peredam suara seringan di kabin 

Proyek ini dikerjakan oleh Red House yang memang spesialis dalam arsitektur akustik dan Procar yang mengerjakan bagian body. Kompartemen belakang Renault Master berkapasitas 9 meter kubik, berukuran panjang 3.733 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 2.048 mm. Memanfaatkan setiap inci ruang yang tersedia, tim berhasil memasukkan semua peralatan ke dalam dua ruangan terpisah di belakang kabin pengemudi yakni ruang rekaman untuk vokalis dan ruang kendali untuk sound engineer.

Tantangan tersulitnya ialah membuat peredam suara seringan agar Renault Master ini tetap mematuhi batasan semua prasyarat kategori B di Prancis. Namun tetap mengakomodir ruangan terbaik untuk perekaman profesional. Oleh karena itu, seluruh peralatan dan bahan ditimbang sebelum diaplikasikan pada kendaraan. Selain itu, tim memilih bahan isolasi yang ramah lingkungan, sejalan dengan komitmen Renault terhadap keberlanjutan.

Interiornya dilapisi kayu dan kain ungu yang diekspos oleh pencahayaan khusus. Produser duduk di kursi yang bisa diputar dan memiliki akses ke sebuah meja dengan monitor studio, PC, dan konsol, sedangkan di bagian belakang terdapat sofa dengan bantal berbentuk Renault. Sebagai sentuhan akhir, corak eksterior hitam dihiasi dengan grafis perak dan tulisan bergaya grafiti emas, serasi dengan jenis musik Rap yang direkam di dalam.

Renault Sound Truck telah membuktikan kemampuannya, dengan menghimpun 5 penyanyi rap berbakat menggunakan Master bespoke ini untuk merekam lagu mereka sebagai bagian dari inisiatif Give Me 5 sejak musim semi 2023. Lagu yang dihasilkan telah dirilis dalam kompilasi ddan bisa juga didengarkan secara daring.

Baca juga: Mercedes-Benz Metris Kembarannya Vito?

Baca juga: Penggolongan Mobil Van Di Jepang