Dunia Bus Sumatera Semakin Menggeliat

Dunia Bus Sumatera Semakin Menggeliat
Bus semakin nyaman, tujuan makin beragam
 

Pertumbuhan penumpang dari pulau Jawa ke pulau Sumatera nyata mengalami pertumbuhan yang signifikan.  Akhir tahun 2022 pihak Traveloka menyebutkan menengarai adanya peningkatan animo minat masyarakat bepergian memanfaatkan moda transportasi bus dan travel wilayah Jawa dan Sumatera naik pesat hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun 2020.

Ada beberapa hal yang didata penyedia jasa daring untuk pemesanan berbagai servis akomodasi dan transportasi dari itu sebagai pendorong naiknya minat perjalan dari dan menuju pulau Sumatera. Sebut saja; makin tersebarnya titik keberangkatan baik di Jakarta maupun di wilayah Sumatera.

Hal lain, makin beragamnya jangkauan destinasi di Sumatera, ditambah lagi harga tiket bus yang semakin terjangkau. Tidak ketinggalan variasi model bus, ada yang  luxury bus, sleeper bus, captain seat, sampai single seater.

Masih berdasarkan temuan Traveloka, kota-kota di pulau Sumatera yang jadi tujuan incaran utama calon penumpang adalah Bandar Lampung, Medan, Palembang, Padang, maupun Pekanbaru.

ALS beroperasi sejak 55 tahun yang lalu dan masih melintasi seluruh provinsi di pulau Sumatera dan juga berbagai kota di pulau Jawa

Sempati Star melayani rute paling barat di pulau Sumatera, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Minat yang meningkat mengunjungi pulau Sumatera tentu saja berpengaruh pada populasi bus. Beradasarkan data Korlantas Polri bulan Oktober menunjukan hal serupa. Beberapa provinsi di pulau yang didiami 59,77 juta jiwa itu (Data Dukcapil bulan Juni 2022) memilik jumlah bus yang besar.

Baca juga: Inilah Jumlah Bus Di Indonesia Bulan Ini

Baca juga: Bisnis Perusahaan Otobus Semakin Menjanjikan?

Beberapa provinsi yang jadi tujuan utama kunjungan calon penumpang terdapat populasi bus yang ‘padat’, jumlahnya ribuan unit.

Sumatera Utara punya jumah bus yang terdaftar sebanyak 9.075 unit, kemudian provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terdapat 2.398 unit bus, dan Sumatera Barat jadi tempat berdiam 4.373 bus berbagai ukuran.

Sumatera Selatan dan Riau juga punya populasi bus yang besar, masing-masing ada 6.888 unit serta 5.552 unit. Provinsi Bengkulu yang populasi busnya terkecil dibandingkan provinsi lain di pulau yang sama yaitu 912 unit.

Tentu saja beragam perusahaan otobus yang juga melintasi berbagai wilayah di Sumatera. Sebut saja NPM, Intra, ALS, Gumarang Jaya, Delima Sri Gemilang, Sempati Star, SAN, ANS, Sembodo, Lorena, Kramat Djati, Pahala Kencana, Giri Indah, Sari Harum, DAMRI, sampai Sinar Jaya.  

Baca juga: Jawa Timur Masih Terpadat Jumlah Busnya

Baca juga: Ini Tenaga Empat Sasis Bus ‘Tronton’ Paling Terkenal